DETAIL NEWS

PLTD Apung, Situs Tsunami yang Jadi Tujuan Wisata

Date : 03 September 2015 , Post Via : adit, Views : 4459

Bencana tsunami yang menimpa Nanggroe Aceh Darusallam pada Desember 2014 masih terngiang diingatan kita semua. PLTD Apung yang terletak di Gempong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Kotamadya Banda Aceh merupakan salah satu bukti kekuatan gelombang tsunami kala itu.

Kapal pembangkit listrik dengan bobot 2.600 ton ini sejatinya sedang tambat di perairan Aceh hingga akhirnya terseret gelombang tsunami lebih dari 5 kilometer  ke daratan, tepat ke tengah-tengah kawasan pemukiman.

Pada 2007 Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral bekerja sama dengan intansi-intansi terkait di pemerintahan pusat dan daerah telah melaksanakanpembangunan di beberapa situs dan monument, salah satunya di situs ini, Situs Tsunami PLTD Apung.

Endurance Journey With Federal Oil, ajang pembuktian ketangguhan pelumas Federal Oil  menempuh perjalanan lebih dari 3.000 km, dimulai dari Situs Tsunami PLTD Apung ini pada 25 Agustus 2015 lalu. Saat itu banyak wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke Situs ini untuk melihat betapa agungnya kuasa Tuhan Yang Maha Esa.