DETAIL NEWS

Yang Mau Ikutan Yamaha Sunday Race 2015, Ini Regulasinya!

Date : 26 Maret 2015 , Post Via : admin, Views : 4297

Yang Mau Ikutan Yamaha Sunday Race 2015, Ini Regulasinya!

Kabar gembira untuk kalian para pengguna Yamaha R-Series yang kurang puas menggeber tunggangannya. Akhir pekan ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar ajang balap yang bersifat terbuka.

Ajang yang digelar khususnya untuk komunitas ini bertajuk Yamaha Sunday Race 2015. Tentunya ada regulasi yang harus di taati oleh para partisipan, dan juga YIMM menyediakan hadiah menarik bagi para pemenang.

Yang berminat ikutan yuk langsung kita tengok regulasinya!

1. PEMBAGIAN KELAS

Dalam YAMAHA SUNDAY RACE 2015 dibagi menjadi tiga kategori tipe sepeda motor (YZF-R6, YZF-R25, dan YZF-R15) dan tiga kategori pembalap (Professional Rider, Community Rider A, dan Community Rider B), untuk kemudian disusun menjadi kelas – kelas perlombaan sebagai berikut :

1. Kelas YZR-R6 Professional Riders
2. Kelas YZR-R6 Community Riders A
3. Kelas YZR-R25 Professional Riders
4. Kelas YZR-R25 Community Riders A
5. Kelas YZR-R25 Community Riders B
6. Kelas YZR-R15 Professional Riders
7. Kelas YZR-R15 Community Riders A
8. Kelas YZR-R15 Community Riders B

2.KATEGORI PEBALAP
a. Professional Rider
Professional Rider adalah kategori untuk peserta/pembalap yang memiliki kualifikasi sebagai berikut :
1. Aktif mengikuti kejuaraan balap resmi baik di tingkat regional maupun nasional selama kurun waktu 5 tahun terakhir.
2. Memiliki Catatan Waktu Putaran Rata – Rata yang memenuhi kualifikasi untuk dikategorikan sebagai pembalap profesional berdasarkan rekomendasi Dewan Juri dan Pimpinan Lomba.

b. Community Rider A
Community Rider A adalah kategori untuk peserta/pembalap yang memiliki kualifikasi sebagai berikut :
1. Peserta yang pernah mengikuti ajang kejuaraan balap resmi baik di tingkat regional maupun nasional tetapi telah vakum selama minimal 5 tahun ke belakang.
2. Pembalap pemula yang belum pernah mengikuti kejuaraan apapun selama 1 tahun ke belakang.
3 Memiliki Catatan Waktu Putaran Rata – Rata yang memenuhi kualifikasi untuk dikategorikan sebagai pembalap Community A berdasarkan rekomendasi Dewan Juri dan Pimpinan Lomba.

c. Community Rider B
Community Rider B adalah kategori untuk peserta/pembalap yang memiliki kualifikasi sebagai berikut :
1. Peserta yang belum pernah mengikuti ajang kejuaraan resmi di tingkat regional maupun nasional.
2. Berasal dari anggota komunitas / klub R-Series YAMAHA yang diakui oleh YAMAHA RIDERS FEDERATION INDONESIA (YRFI) dan memperoleh surat rekomendasi dari komunitas yang bersangkutan untuk mengikuti ajang YAMAHA SUNDAY RACE 2015.

3. SISTEM PERLOMBAAN
Dengan mempertimbangkan jumlah pembalap yang mendaftarkan diri dalam perlombaan serta panjang dan lebar jalur balap, serta hal – hal lain yang berkaitan dengan aspek keselamatan, maka YAMAHA SUNDAY RACE 2015 akan dilaksanakan dengan sistem – sistem sebagai berikut :
a. Sistem Kualifikasi Penyisihan
- Dalam kondisi peserta yang mendaftarkan diri dan lolos proses pemeriksaan teknik melebihi jumlah 30 orang pendaftar, maka akan diterapkan sistem kualifikasi, dimana peserta akan dibagi menjadi kelompok – kelompok yang akan ditentukan oleh keputusan bersama antara Panitia Penyelenggara dan Pimpinan Perlombaan (Setiap kelompok akan berisi maksimal 30 pembalap).
- Setiap kelompok nantinya akan mengikuti sesi kualifikasi secara terpisah dan berurutan, dimana setiap pembalap akan bersaing untuk mencatat waktu terbaik (Best Lap Time).
- 30 pembalap dengan Catatan Waktu Terbaik berhak untuk mengikuti perlombaan, sedangkan pembalap dengan catatan waktu terbaik ke-31 keatas dinyatakan tersingkir dari perlombaan.
- Catatan waktu dari 30 pembalap tercepat sekaligus akan menjadi dasar dalam penentuan posisi start (Starting Grid) pada saat perlombaan.