alexa

DETAIL NEWS

Sam Lowes Sukai Sirkuit COTA, Federal Oil Gresini Moto2 Miliki Segudang Data Modal Juara

Date : 08 April 2016 , Post Via : adit, Views : 1439




 

Seri ketiga Moto2 yang bergulir akhir pekan ini (10/4) akan dilangsungkan di Circuit Of The America (COTA) di Austin, Texas, Amerika Serikat. Tahun lalu Sam Lowes yang masih membela tim lamanya (Speed Up Racing) menjadi pebalap tercepat menyentuh garis finish, dan tim Federal Oil Gresini Moto2 sendiri sukses mengantarkan Xavier Simeon, pebalapnya kala itu, menjadi peraih pole position.

Sirkuit COTA yang berkarakter anti-clockwise alias putaran berlawanan arah jarum jam ini memiliki panjang lintasan 5,513 km dengan variasi 9 tikungan ke kanan dan 11 belokan ke kiri. Memiliki straight atau trek lurus 1.200 meter dengan lebar lintasan 15 meter, boleh dibilang COTA adalah sirkuit yang tricky khasnya sirkuit-sirkuit modern. Sirkuit yang sanggup menampung 120.000 penonton ini selesai dibangun pada 2012 dan pertama kali dipakai perhelatan MotoGP pada 2013 silam.

 

Kilas balik ke 2015, meski menyukai sirkuit ini, Sam Lowes tidak menang secara mudah di sirkuit rancangan Hermann Tilke ini, perebutan posisi pertama terjadi antara Lowes, Johann Zarco dan pebalap Federal Oil Gresini Moto2 kala itu, Xavier Simeon. Sejak lampu start padam, Zacro yang melesat ke posisi pertama terus dibayangi Lowes dan Simeon.

Posisi pebalap tidak berubah, Zarco, Lowes dan Simeon sampai akhirnya di lap ke 14 Sam Lowes berhasil menyalip Zarco. Meski akhirnya Simeon tidak dapat melanjutkan lomba karena crash di lap ke 15 dari 19 lap yang dijalankan. Sejatinya Simeon menunggangi motor dengan paket settingan terbaik dari tim Federal Oil Gresini Moto2, berdasarkan catatan waktu tiap lap, Simeon mampu mendapatkan race pace yang setara dengan dua pebalap di depannya.

Prestasi Lowes dan tim Federal Oil Gresini Moto2 di 2015 lalu akan coba disatukan akhir minggu ini. Lowes dengan keberhasilannya meraih podium tertinggi dan tim Federal Oil Gresini Moto2 yang berhasil memberikan motor terbaik bagi pebalapnya, data set up yang dimiliki tim akan memudahkan Lowes melewati sesi Free Practice, QTT dan tentunya modal untuk meraih kemenangan di COTA.

Poin penuh adalah incaran Lowes dan tim Federal Oil Gresini Moto2 mengingat Lowes butuh lebih banyak poin untuk menempatkan dirinya di puncak kelasemen pebalap, saat ini pebalap berusia 25 tahun berkewarganegaraan Inggris ini berada di tempat ketiga dengan perolehan 27 poin, tertinggal 7 poin dari Johann Zarco (Ajo Motorsports) sebagai pemuncak kelasemen. (federaloil.co.id)