alexa

DETAIL NEWS

Performa Xavier Simeon Sudah Stabil, Ritme Balapan Perlu Ditingkatkan

Date : 01 Juni 2015 , Post Via : adit, Views : 2203

Mengamati catatan waktu tempuh pada seri keenam Kejuaraan Dunia Moto2 yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Italia yang baru berlangsung kemarin, performa Xavier Simeon dan tim Federal Oil Grasini Moto2 (FOGM2) sudah sangat stabil saat balapan.

Sepanjang lomba yang berlangsung 21 lap, Simeon sukses melahap tiap putaran di angka 1 menit 53 detik. Tercatat di dua lap agak berbeda yaitu di lap ke 3 dengan catatan waktu 1’52,934 menit dan di lap ke 5 yang melorot ke angka 1’54,143 menit. Di lap lain, meski sedang ditekan lawan atau menekan lawan, pembalap Belgia ini konsisten di 1 menit 53 detik yang berbeda cuma angka dibelakang koma. Ini bukti kongkrit bahwa ia mampu tampil konsisten sepanjang lomba.

Membandingkan dengan catatan waktu pembalap didepannya, Simeon bisa diadu. Yang berbeda adalah ritme bermain antara Simeon dan pembalap didepannya. Ritme ini berpengaruh terhadap catatan waktu dan juga dipengaruhi oleh racing line tiap pembalap.
Ketika Simeon berhasil bermain di angka 1 menit 52 detik, ia memiliki ritme yang pas di area T2 dan T3, terlihat dari data statistik di dua area ini ia membukukan catatan waktu tercepat selama lomba. Bahkan hampir setara dengan Tito Rabat yang keluar sebagai juara.

Makin rumit ketika sedang bertarung ketat, pembalap akan makin sulit mempertahan ritme, ketika seharusnya mengerem di titik tertentu, maka kondisinya akan berubah ketika sedang bertarung rapat. Akhirnya pembalap tidak bisa mempertahankan ritme.

Begitupun yang terjadi pada Simeon, meski sudah memiliki kecepatan yang cukup untuk bertarung dengan pembalap didepannya, namun Simeon masih belum mendapakan ritme yang pas ketika berlomba. (federaloil.co.id)