Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Minimalisir Gesekan, Yamaha Xeon RC lebih Irit 20 Persen

Date : 13 Januari 2013 , Post Via : admin, Views : 12623

Minimalisir Gesekan, Yamaha Xeon RC lebih Irit 20 Persen

Tak sekedar menampilkan wajah baru, PT Yamaha indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga melengkapi Xeon RC dengan teknologi teranyar. Dan ini membuatnya lebih irit dari versi sebelumnya lho!

Selain sistem pengabutan bahan bakar injeksi, Yamaha Indonesia juga fokus mengurangi gesekan yang diklaim bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dari produk terbarunya ini.

Beberapa aplikasi teknologi low friction juga bisa ditemui pada Yamaha Xeon RC. Sebut saja roller rocker arm yang membuat gesekan dengan noken as menjadi lebih kecil. Peranti ini juga bisa ada di produk lain seperti Yamaha V-Ixion dan Jupiter Z1.

Sistem kelistrikan AC/DC Open Circuit juga menjadi trik khusus Yamaha dalam mengurangi gesekan. Dengan sistem cut off pada sistem pengisian akan bekerja ketika suplai arus listrik ke aki sudah penuh.

Bayu Astyawanto, Technical Service PT YIMM mengungkapkan konsumsi BBM Yamaha Xeon RC lebih irit 20 persen. "Tenaganya juga kini menjadi 11,4 PS di 9.000 rpm. Ini naik kurang lebih 8 persen dari Xeon terdahulu, Tambah Bayu.



Selain lebih efisien, dengan teknologi ini aki jadi lebih awet karena tidak akan mengalami over charging. Dan yang terakhir adalah, minim gesekan dari fuel pump atau pompa bensin yang sudah menggunakan tipe brushless.

"Fuel pump tipe brushless ini juga mampu bekerja dengan arus listrik yang lebih kecil," terang Bayu yang juga mengaku ada perubahan pada kruk as baru Yamaha Xeon RC. "Balancing kruk as-nya diatur ulang, agar lebih sempurna," tutup Bayu.

Sementara pesaingnya yaitu Honda Vario Techno 125 memiliki semburan tenaga sekitar 11,3 PS pada 8.500 rpm. Wah, beda tipis nih sama Yamaha Xeon RC yang memang dipersiapkan bertarung dengan Vario Tehno 125.  



contoh bottom frame
x