DETAIL NEWS

Perbanyak Angkutan Massal, Cara Cina Atasi Kemacetan

Date : 08 Januari 2013 , Post Via : admin, Views : 6904

Perbanyak Angkutan Massal, Cara Cina Atasi Kemacetan

Sadar betul dengan populasi kendaraan yang kian pesat, Cina membuat keputusan untuk menambah subsidi angkutan massal. Hal ini dipercaya mampu mengurangi kemacetan dan mengajak warganya untuk memanfaatkan angkutan umum.

Hal pertama yang dilakukan adalah memperbaharui armada yang ada guna merangsang masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum. Tak hanya itu, pemerintah Cina juga menyiapkan subsidi untuk bahan bakar dan keringanan pajak angkutan umum. Ini dilakukan agar perusahaan yang bergerak dibidang ini semakin banyak.

Memperbanyak angkutan massal sangat penting terlebih Organization for Economic Cooperation and Development mengungkap, akan ada lebih dari 300 juta warga China dari total 1,4 miliar penduduk yang ada akan bergerak dari wilayah sekitar kota ke kota pada 2030 mendatang.

Saat dikutip melalui China Car Times, Dewan Negara di Cina mengatakan urbanisasi di Cina mengalami percepatan, pengembangan transportasi perkotaan pun menghadapi tantangan baru. Menurut mereka Pemerintah haruslah memprioritaskan pengembangan sistem angkutan umum untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, mengubah transportasi perkotaan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meningkatkan penyediaan pelayanan publik.

Dengan begitu, penggunaan mobil pribadi dapat dikurangi terlebih hinggga akhir 2011 lalu jumlah kendaraan pribadi di Cina mencapai 62.400.000 unit. Kementerian Transportasi Cina bahkan memperkirakan angka ini akan terus meningkat hingga 200 juta dalam tujuh tahun ke depan. Patut dicontoh di Indonesia nih!



contoh bottom frame
x