DETAIL NEWS

Rahasia Jual Motor Bekas Supaya Dihargai Tinggi

Date : 05 Februari 2018 , Post Via : tigor, Views : 1954

 

 
Feders, menjual sepeda motor akan menjadi suatu hal yang menjengkelkan apabila motor yang kita jual ditawar di bawah harga pasaran.
 
Agar motor tidak dihargai murah, ternyata ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, malah jika memang perlu beberapa komponen nyatanya harus diganti baru.
 
Berikut ini maka dari itu kami tampilkan rahasia jual motor agar dihargai wajar seperti yang dirangkum dari kompas.com berdasarkan pengakuan beberapa pengelola diler motor bekas:
 
1. Bodi
 
Mulusnya bodi motor akan berbanding lurus dengan baiknya harga motor tersebut. 
 
Diler tidak akan bersedia membeli dengan harga wajar bila bodi motor sudah ada yang retak dan warnanya kusam.
 
Karena itu bila ada bagian dari bodi motor yang sudah retak, pemilik disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Tentu saja dengan yang asli. Dengan cara ini, maka motor bisa dibeli dengan harga yang wajar.
 
Sebagai contoh, bila harga bekas di pasaran dari motor tersebut Rp 6 juta, namun ada bagian dari bodi yang sudah rusak, maka diler biasanya hanya membeli dengan harga Rp 4,5 juta.
 
"Selesih yang Rp 1,5 juta-nya dipakai untuk beli body yang baru. Karena saya tidak mau jual motor yang bodynya sudah rusak," kata Ahmad Budiharja, pemilik diler Kembar Motor, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Rabu (31/1/2018).
 
2. Ban
 
Ban adalah salah satu bagian yang juga akan diperhatikan kondisinya oleh diler.
 
Jika ban sudah gundul, motor juga akan cenderung dihargai lebih murah.
 
Contohnya di diler Sukses Motor, Pasar Rebo, Jakarta Timur.
 
Di diler ini, pengelola pasti akan mengganti ban dengan yang baru jika kondisinya sudah 50 persen. Biaya pergantian inilah yang akan dibebankan ke pemilik motor. Caranya dengan menghargai motor lebih murah.
 
"Ban kalau kondisinya sudah 50 persen pasti saya ganti baru. Karena kita menjual kualitas dan ada garansi," kata seorang tenaga pemasaran Sukses Motor, Kawoh.
 
3. Rantai
 
 
Khusus pemilik motor bebek dan sport, rantai beserta gear sebaiknya diganti dulu sebelum dijual kembali. Karena jika rantai dan gear masih dalam kondisi baik, maka motor bisa langsung dipajang oleh diler.
 
"Ban, rantai kalau sudah 50 persen pasti saya ganti. Semakin bagus kondisinya, motor siap display. Kalau rusak kan harus diperbaiki dulu," kata Kawoh.
 
4. STNK Hidup
 
Enam pengelola diler motor bekas yang ditemui Kompas.com menyatakan hanya mau membeli dan menjual motor yang surat-suratnya jelas. Mereka enggan direpotkan dengan mengurus lebih dulu STNK motor yang masa berlakunya sudah habis.
 
Jadi bagi para pemilik motor yang masa berlaku STNK-nya sudah habis, sebaiknya mengurus lebih dulu pajak dan perpanjangan jika ingin motornya dibeli dengan harga wajar.
 
Oiya Feders, dan yang terakhir apapun jenis motor bekasnya jangan lupa kuras dan menggantinya dengan Federal Oil ya.
 
Piliha lengkapnya mampu melindungi dengan sempurna mesin motor sport atau pun matik milik anda. (Federaloil.co.id)