Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Penyebab dan Cara Mencegah Supaya Rem Tidak Berdecit

Date : 14 Februari 2019 , Post Via : Ric, Views : 3409

Feders-Tidak jarang dijumpai ketika berkendara menemukan rem motor yang berbunyi atau berdecit yang buat sakit kuping bagi yang mendengarnya. Apalagi pada saat musim hujan datang, rem motor paling rentan dengan suara berdecit yang menggangu pengendaranya.

Rem pada sepeda motor adalah perangkat yang sangat penting dan mempunyai peran vital demi menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara. 

Banyak pemilik motor tidak mengetahui penyebab dari timbulnya suara tersebut sehingga lebih memilih untuk membiarkannya, padahal suara berdecit pada rem merupakan hal yang cukup membahayakan dan harus segera dilakukan perbaikan.

Berikut faktor penyebab kampas rem berbunyi :

1. Kampas Rem Kotor
Debu dan kotoran dapat masuk kedalam kampas rem. Pada saat melintasi jalan berdebu dan berpasir itulah perlahan-lahan kotoran menempel pada bagian kampas rem.

Penyelesaian
Apabila ingin dilakukan pengerjaan sendiri, bukalah bagian kampas rem yang berbunyi tersebut dan bersihkan dengan amplas. Gosoklah hanya dengan perlahan saja dan jangan gosok terlalu lama karena akan membuat kampas semakin tipis. Bawalah ke AHASS terdekat jika pengerjaan sendiri dirasa sulit.

2.Kampas Rem Tipis
Gesekan logam kampas rem dengan disc brake atau piringannya menimbulkan suara decitan. Hal itu diakibatkan sering menunda mengganti kampas rem yang sudah tipis oleh pengendara. Padahal rem adalah salah satu komponen penting yang dapat menunjang keselamatan pengendaranya.

Penyelesaian
Membeli kampas rem baru karena kampas rem yang sudah tipis tidak dapat bertahan lama. Semakin lama tidak diganti semakin besar peluang terjadinya kecelakaan.

3.Kampas Rem Terkontaminasi
Ada beberapa segelintir pengendara yang meyakini bahwa dengan memakai oli dan minyak atau sejenisnya akan membuat remnya pakem. Padahal hal tersebut dapat mengakibatkan kampas rem gosong dan semakin berbahaya bagi pengendaranya.

Penyelesaian
Sebaiknya ganti kampas dengan yang baru. Selain menghilangkan suara decitan dapat juga menghilangkan kesan jelek karena kampas rem terlihat gosong.

4.Kampas Rem Selip
Untuk penyebab ini diakibatkan pengendaranya yang selalu menekan tuas rem secara terus menerus. material kampas kopling menjadi keras sehingga rem kurang pakem dan berbunyi.

Penyelesaian
Gantilah kampas dengan yang baru dan perlu diketahui untuk pengendara beri jarak bebas pada tuas rem dengan standar 10-20 ml.

5.Piringan/Disc Brake Sudah Tipis dan Tidak Rata
Piringan tidak rata diakibatkan pernah kehabisan kampas rem atau pemakaian dalam rentan waktu yang cukup lama.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x