Oli motor terbaik dan spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Yuk Cobain Kuliner Khas Bengkulu, Salah Satunya Makanan Khas Presiden Soekarno

Date : 25 Februari 2019 , Post Via : Ric, Views : 1379

Yuk Cobain Kuliner Khas Bengkulu, Salah Satunya Makanan Khas Presiden Soekarno

Feders-Indonesia mempunyai aneka ragam kekayaan kuliner yang lezat dan unik. Setiap daerah memiliki ciri khas masakan masing-masing. Seperti halnya masakan khas Bengkulu, sebuah provinsi di Pulau Sumatera. Berikut ini ada 5 jenis makanan khas Bengkulu yang patut Anda coba dan ketahui.

1. Pendap
Pendap merupakan makanan bercitarasa pedas yang sangat populer di Provinsi Bengkulu. Pendap terdiri dari bahan ikan yang dicampur dengan beberapa bahan utama, seperti bawang putih, kencur, cabai giling, kelapa muda yang kemudian dimasak dalam balutan daun talas.

2. Gulai Kemba’ang
Gulai kemba’ang adalah masakan berkuah dengan bahan utamanya iga sapi. Umumnya, masyarakat setempat memasaknya di waktu-waktu istimewa, seperti Lebaran.

3. Tempoyak
Makanan khas Bengkulu ini terbuat dari fermentasi durian. Rasanya cenderung asam dan biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Ada juga yang mengolahnya sebagai sambal hingga bisa disantap bersama nasi dan ikan.

4. Lema
Sama halnya dengan tempoyak, jenis makanan ini dibuat dengan proses fermentasi. Bedanya, lema menggunakan adonan rebung (bambu muda) yang dicincang serta dicampur dengan ikan tawar. Efeknya, makanan khas daerah Rejang ini memiliki keasaman dan aroma yang cukup kuat. Namun, banyak yang menyukai rasanya dan menjadikannya sebagai lauk bersamaan dengan nasi dan lalapan.

5. Bagar Hiu
Selanjutnya, resep makanan khas Bengkulu lainnya adalah bagar hiu. Sesuai dengan namanya, masakan ini menggunakan daging ikan hiu dan biasanya jenis yang digunakan adalah hiu punai atau hiu tanduk karena tidak terlalu amis. Konon, bagar hiu merupakan salah satu makanan terfavorit mantan Presiden Sukarno selama masa pengasingan pada 1938-1942.