DETAIL NEWS

Turing Ke Perkebunan Teh Tambi di Lereng Gunung Sindoro

Date : 16 Maret 2018 , Post Via : tigor, Views : 1243

Turing Ke Perkebunan Teh Tambi di Lereng Gunung Sindoro

Feders, enggak ada salahnya weekend ini kita turing ke salah satu tempat wisata di dataran tinggi yang berada di Jawa Tengah.

Seperti perkebunan Tem Tambi.

Seperti yang tertulis di wisatajateng.com, perusahaan perkebunan Teh Tambi terletak di lereng sebelah barat Gunung Sindoro dan Sumbing di bagian tengah Jawa Tengah. 

Memiliki luas 829,14 ha yang terdiri atas 3 unit perkebunan yaitu Unit Tambi, Unit Bedakah dan Unit Tanjungsari. 

Berada di ketinggian 800-2.000 meter di atas permukaan laut dengan tingkat curah hujan 2.500 - 3.500 mm per tahun. Produk utama berupa teh hitam dengan tingkat produksi per tahun sebanyak 1.800 - 2.000 ton.

Agrowisata Perkebunan Teh Tambi merupakan obyek wisata yang menarik bagi pencinta alam pegunungan. 

Selain keindahan alamnya yang sungguh menakjubkan dan hijaunya tanaman teh yang tertata rapi menjadi pemandangan yang sungguh menyejukkan. Perkebunan ini juga cocok untuk dijadikan sebagai obyek wisata edukatif dengan mengamati proses pembuatan teh dan semua aktifitas yang ada.

Agrowisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas penginapan, seperti rumah pondokan, rumah makan, ruang pertemuan, outbond dan api unggun. Tak perlu khawatir akan buta pengetahuan apabila berkunjung ke tempat ini, karena di daerah agrowisata ini juga terdapat pemandu wisata yang akan mendampingi pengunjung untuk mengelilingi perkebunan Teh Tambi tersebut, antara lain untuk melihat proses pemetikan teh, melihat proses pembuatan teh mulai dari daun hingga siap saji. 

Tempat-tempat wisata menarik lainnya yang berdekatan dengan PT Tambi antara lain Dataran Tinggi Dieng, Telaga Menjer, dan tempat perkemahan Jlumprit.

Teh di Tambi mulai berdiri pada tahun 1885.