Oli motor terbaik dan spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Sejarah Suzuki Jadi Perusahaan Otomotif

Date : 17 Maret 2019 , Post Via : Ric, Views : 643

Sejarah Suzuki Jadi Perusahaan Otomotif

Feders-Suzuki adalah pabrikan kedua Jepang dalam anggota 'Big Four' (Suzuki, Honda, Yamaha, dan Kawasaki). Siapa yang bakal menyangka bahwa ternyata Suzuki dulunya adalah pabrik tenun.

Sang pendiri, Michio Suzuki adalah seorang anak dari petani kapas tradisional Jepang. Pria yang lahir pada 10 Februari 1887 ini memiliki keahlian dalam inovasi sejak kecil. 

Di usia 22 tahun Suzuki menciptakan alat tenun kayu yang dioperasikan dengan pedal. Produknya laris manis di kalangan penenun. Kemudian dia mendirikan pabrik bernama Suzuki Loom Wooks di daerah Tenjin, Hamamatsu. 

Berkembang dengan pesat, dia lalu membangun Suzuki Loom Manufacturing Company,Inc pada 15 Maret 1920. Dua tahun berjalan perusahaan tersebut dinobatkan sebagai perusahaan perkakas tenun terbesar di Jepang.

Berawal dari hal tersebut, niatnya untuk mengembangkan usaha muncul. Suzuki ingin membuat sebuah mobil. Nah, dari sinilah cerita jatuh bangun Suzuki mendirikan perusahaan otomotif kelas dunia.

Tahun 1951, Suzuki resmi berkecimpung di dunia otomotif, khususnya kendaraan roda dua. Ide dari Shunzo Suzuki disetujui dengan membuat sepeda yang memiliki mesin mini. Dengan bantuan Maruyama Zenku, Shunzo akhirnya merilis motor bermesin 2-tak 30cc dengan kekuatan 0,2hp pada tahun 1952.(federaloil.co.id)
Sumber Merdeka.com