Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Ini Penyebab Rem Berdecit Saat Melakukan Pengereman

Date : 21 Maret 2019 , Post Via : Ric, Views : 24332

Feders-Sepeda motor yang telah digunakan selama lebih dari 2 tahun secara rutin, maka akan banyak perubahan yang terjadi. Beberapa part di dalamnya akan mengalami penurunan kualitas dan bahkan harus mulai diganti.

Setelah pemakaian selama 2 tahun secara rutin, rem motor mulai berbunyi atau berdecit sehingga menggangu saat berkendara. Hal ini akan sangat mengganggu saat berkendara di tengah hujan atau dalam keadaan padat lalu lintas yang mengharuskan Anda sering mengerem.

Rem pada sepeda motor adalah bagian yang mengatur kecepatan motor saat melaju. Rem dalah kunci keselamatan dan keamanan selama berkendara. Sayangnya, banyak pemilik motor yang tidak mengetahui penyebab dari timbulnya bunyi berdecit pada sepeda motor sehingga lebih memilih untuk membiarkannya. Padahal suara berdecit pada rem merupakan tanda bahwa ada yang tidak beres dengan kondisi kampas rem.

Bunyi berdecit pada rem muncul karena kampas rem kemungkinan sedang bermasalah. Ada beberapa hal yang dapat membuat rem motor berdecit, bisa dari kampas rem, teromol, piringan atau cakram.

Hal-hal yang membuat bunyi berdecit pada rem, di antaranya adalah:

1. Kampas Rem Yang Kotor
Melalui jalanan saat berdebu akan membuat kotoran masuk ke dalam sela-sela kampas rem. Bisa juga ada cipratan lumpur yang masuk saat berkendara dijalanan basah karena hujan. Saat melintasi jalan, kotoran dan debu perlahan-lahan menempel pada bagian kampas rem.

2. Kampas Rem Yang Mulai Habis
Bunyi decit pada rem juga terjadi akibatkan sering menunda mengganti kampas rem yang sudah tipis. Gesekan logam kampas rem yang sudah sangat tipis atau bahkan habis dengan piringannya menimbulkan suara decitan.

3. Kontaminasi Cairan Kimia
Sejumlah pengendara sepeda motor yang meyakini bahwa penggunaan minyak rem akan membuat kinerja rem menjadi lebih baik. Minyak rem atau oli yang digunakan dapat mengakibatkan kampas rem gosong dan lisin saat pengereman.

4. Kampas Rem Slip
Fungsi rem memang untuk mengurangi percepatan dari sepeda motor. Namun jika selalu menekan tuas rem secara terus menerus, material kampas kopling menjadi keras sehingga rem menjadi kurang pakem dan berbunyi.

5. Disc Brake Yang Tidak Rata
Bunyi berdecit saat pengereman juga bisa diakibatkan karena piringan tidak rata diakibatkan pernah kehabisan kampas rem atau tetap dibiarkan dalam rentan waktu yang cukup lama.

Sebagai komponen penting pada sepeda motor, rem juga bisa dirawat agar bisa lebih awet dan tahan lama untuk digunakan. Kualitas rem yang awet sebetulnya hanya berdasarkan pada penggunkan rem yang baik. Saat berkendara, usahakan jarak dengan kendaraan Anda dengan kendaraan lain tidak terlalu dekat. Hal ini untuk menghindari penggunaan rem yang terlalu sering.

contoh bottom frame
x