DETAIL NEWS

Inilah Hari Bersejarah Untuk Honda

Date : 28 Maret 2019 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 3990

Inilah Hari Bersejarah Untuk  Honda

Feders-Pabrikan Honda salah Industri besar di dunia otomotif, mulai dari kendaraan roda dua sampai roda empat mereka ciptakan.

Tidak hanya itu, Honda juga ikut berpartisipasi dalam ajang balap mobil dan motor paling bergengsi dunia, yaitu F1 dan MotoGP.

Namun, tahukah Feders, bahwa 17 November ternyata hari yang bersejarah bagi pabrikan Honda? Ternyata, sang pendiri pabrikan Honda, Soichiro Honda, lahir pada hari ini (17 November).

Soichiro Honda tepatnya lahir di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang pada tanggal 17 November 1906. Semasa kecil, Soichiro Honda menghabiskan waktu untuk membantu ayahnya mereparasi sepeda.

Pada usia 15 tahun, Honda kecil pindah ke Tokyo untuk mencari pekerjaan tanpa menempuh jenjang pendidikan formal. Tahun 1922, Soichiro Honda bekerja magang selama 6 tahun pada sebuah bengkel.

Namun, pada tahun 1928, tepatnya pada usia 22 tahun, Soichiro Honda kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobil.

Tak hanya itu, Soichiro Honda ternyata menyukai balapan otomotif dan pernah membuat rekor kecepatan pada tahun 1936.

Karena mengalami kecelakaan hebat, Honda akhirnya dibujuk istrinya, Sachi Honda, untuk berhenti balapan. Soichiro Honda pun berhenti dan berkonsentrasi pada usaha otomotifnya.

Tahun 1937, bisnis Honda pindah ke pembuatan ring piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS, Tokai Seiki Heavy Industry).

Namun, pada tahun 1948, Soichiro Honda menjual IBTS pada Toyota seharga 450.000 Yen atau sekitar Rp 54 Miliar jika dihitung pada tahun 2017.

Tentu harganya akan lebih bernilai dari tahun 2017 mengingat IBTS dijual pada tahun 1948. Pada tahun 1948, Honda memulai produksi sepeda motor dengan nama perusahaan Honda Corporation.

Honda mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan multinasional berharga milyaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia, tentunya masih sampai sekarang.

Honda baru memasuki dunia pembuatan mobil pada tahun 1962. Dua tahun setelahnya, ia langsung merealisasikan mimpinya, terjun di arena Formula 1.

Honda mengeluarkan produk yang sangat disukai pasar, hemat bahan bakar dan berkecepatan tinggi, yang menjadi trade mark Honda hingga saat ini.

Pada tahun 1973, Soichiro Honda pensiun dan menyerahkan jabatan Presiden Perusahaan ke Kiyoshi Kawashima. Namun, pada tahun 1983, Soichiro Honda diangkat menjadi penasehat tertinggi HondaCorporation.

Semasa pensiun, Honda menyibukkan dirinya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan Yayasan Honda. Soichiro Honda pun meninggal pada tahun 1991 karena gagal liver.

Itulah alasan kenapa 17 November hari bersejarah bagi pabrikan Honda sob. 17 November adalah hari kelahiran Sochiro Honda sang pendiri pabrikan Honda.

Dilansir dari Otomotifnet.gridoto.com dengan artikel berjudul 17 November merupakan hari bersejarah bagi Honda.(Federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x