Beranda / Berita / Oli

Oli Motor Terbaik Saja Tidak Cukup, Periksa Selalu Kondisi Pelumas Motor Kamu

Tanggal : , Penulis : adit

Oli Motor Terbaik Saja Tidak Cukup, Periksa Selalu Kondisi Pelumas Motor Kamu

Vitalnya tugas yang 'diemban' pelumas, menjadikannya salah satu yang penting untuk diperhatikan pada sepeda motor kamu.

Pelumas pada sepeda motor memiliki peran ganda, selain pelumasan komponen metal mesin, fungsi lainnya sebagai penghantar panas mesin ke bagian pendinginan atau permukaan metal seperti crankcase.

Pabrikan motor menganjurkan penggantian oli motor setelah jarak tempuh motor mencapai 2.000 km atau jika jarak terebut tidak tercapai, masa pakai satu bulan menjadi patokan penggantian pelumas.

Namun sekali lagi, karena pelumas memiliki fungsi yang sangat vital, ada baiknya kamu memeriksa kondisi pelumas sebelum tercapainya jarak tempuh atau pun masa pakai yang dianjurkan pabrikan motor.

Caranya sangat mudah yaitu dengan melihat warna dari pelumas yang digunakan melalui dipstick atau tutup lubang pengisian oli yang memiliki lidah untuk mengetahui kapasitas pelumas dan kondisi pelumas di dalam ruang mesin.

Posisikan sepeda motor dengan standar tengah di tempat yang datar dan berlantai keras, setelah itu nyalakan selama 2-3 menit, lalu matikan mesin.

Buka dipstick oli dan bersihkan dengan lap. Celupkan kembali dipstick ke bak oli tanpa menguatkannya.

Periksa kondisi oli apakah sudah berwarna kehitaman, yang merupakan tanda pelumas harus diganti. Jika sulit menentukan warnanya, ciumlah sisa oli tersebut, jika sudah berbau seperti gosong bisa menjadi pertanda oli harus diganti.

Jika pelumas belum berwarna kehitaman atau berbau gosong, periksa tinggi oli pada dipstick jika sudah mendekati garis minimal, tambahkan oli yang sesuai hingga batas maksimal atau garis tertinggi dipstick, lebih baik lagi jika pelumas dikuras dan diganti baru.

Kurangnya kapasitas oli dapat menyebabkan kinerja mesin terganggu karena oli tidak dapat melumasi keseluruhan bagian mesin.

Untuk itu selalu pastikan oli motor terbaik untuk motor kamu dan pastikan kondisinya selalu dalam kondisi terbaik pula. (federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine