Oli motor spesial dan terbaik, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Matchless G3/L Salah Satu Motor Terpopuler di Masa Perang Dunia II

Date : 09 April 2019 , Post Via : Ric, Views : 756

Matchless G3/L Salah Satu Motor Terpopuler di Masa Perang Dunia II

Feders-Sepeda motor Matchless G3/L tentunya asing bagi kita, yah karena memang motor tersebut saat ini tidak lagi diproduksi.

Motor Matchless G3/L menjadi salah satu kendaraan Tentara Angkatan Darat Inggris di masa perang dunia II, kala itu motor ini hanya diproduksi 80.000 unit saja, dari berbagai sumber menyebutkan motor Matchless G3/L menjadi motor yang sangat popule di masa Perang Dunia II.

Motor yang memiliki berat 25 Kg ini pertama kali dirancang pada tahun 1940 yang dikembangkan dari model G3, kemudian tahun 1941 Matchless G3/L mulai produksi pertamannya.

Motor ini menggendong mesin tipe 4-stroke, OHV, single cylinder, berkapasitas 348cc, air-cooled. Dengan modal tersebut, Matchless G3/LS disebut mampu memuntahkan tenaga maksimal 11,8 kW pada putaran 5.600 rpm untuk edisi 1954 dan 13 kW pada putaran 5.750 rpm untuk model yang dibuat tahun 1958. 

Saat itu, Matchless G3/L digunakan sebagai alat transportasi pengiriman. Kuda besi ini dipakai untuk mengirim pesan yang dirasa terlalu penting jika dikirimkan melalui radio maupun telepon. Selain itu, Matchless G3/L juga dipakai untuk konvoi pengawalan. Setelah perang usai, motor ini masih digunakan hingga tahun 1960.

Kemudian, usai Perang Dunia II berakhir, muncul varian Matchless G3/LS. Diproduksi sekitar tahun 1954 dan 1958, motor ini tampil dengan warna dominan hitam (berbeda dengan seri G3/L yang disiram warna hijau). 

Seri Matchless G3/LS telah didukung suspensi model teleskopik di bagian depan, suspensi belakang swing arm, rem jenis drum di roda depan dan belakang, serta rangka tubular cradle.(federaloil.co.id)