Oli motor spesial dan terbaik, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Fungsi Indikator Lampu MIL Motor Honda

Date : 13 April 2019 , Post Via : Ric, Views : 976

Feders-Lampu MIL pada motor merupakan mekanisme dimana sistem PGM-FI ini melakukan diagnosa diri sendiri yang akan melaporkan kondisi yang tidak normal pada motor anda. 

Apabila ditemukan kondisi yang tidak normal maka lampu MIL yang terletak pada speedometer akan menyala terus tanpa henti.

Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) adalah lampu indikator yang mendeteksi kerusakan motor pada sistem PGM-FI. Lampu MIL  berada pada bagian spedometer motor yang berwarna 

Apabila terjadi permasalahan pada sensor PGM-FI maka lampu MIL akan menyala dan berkedip.

Pada saat kunci kontak pada posisi on MIL akan menyala sekitar 0,3 detik dan akan mati kembali. Pada saat MIL menyala ECM akan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada sistem sensor PGM-FI. 

Apabila tidak terjadi kerusakan maka MIL akan mati. Hal ini menandakan bahwa sistem PGM-FI masih aktif dan masih dalam keadaan normal (tidak terjadi kerusakan).

Tetapi jika terjadi kerusakan pada motor maka MIL akan berkedip terus. Hal itu menandakan bahwa terjadi permasalahan pada sistem PGM-FI dan lampu MIL akan menyala terus menerus selama motor belum diperbaiki.

Cara Membaca Lampu MIL
Cara mengetahui kerusakan yang terjadi yaitu dengan menghitung kedipan MIL. MIL mempunyai 2 macam kedipan yaitu:

Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3 detik) – Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek.

Kedipan pendek (berlangsung selama 0.3 detik) – Satu kedipan pendek adalah ekuivalen dengan satu kedipan.

Contoh Kedipan Panjang Lampu MIL
Kedipan ini berlangsung selama 1,3 detik. Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek .

Contoh : Jika satu kedipan panjang diikuti dengan dua kedipan pendek dibaca 12 kali kedipan ( satu kedipan panjang = 10 kedipan, ditambah dua kedipan pendek).(federaloil.co.id)