Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Motor Unik Hasil Modifikasi Kawin Silang Mio dan Vespa

Date : 30 April 2019 , Post Via : Ric, Views : 13827

Feders-Coba tebak dulu, motor apa itu?  Yups itu modifikasi Yamaha Mio 2009 yang kawin silang dengan Vespa Super. 

Kok bisa yaa? yaa bisa lah, namanya juga modifikasi, ada ilmu akal-akalan yang bikin masuk akal. 

Modifikasi tersebut karya Doel dari Kaloran Auto Custom di Sragen, Jawa Tengah.

Menarik memang konsep yang diambil oleh modifikator dengan nama asli Ida Kristiawan ini memang anti mainstream, sesuai dengan tampangnya yang juga istimewa.

Lanjut lagi urusan modifikasi, Doel berarti merevisi beberapa sektor, antara lain bagian kaki-kaki sampai bracket mesin yang dibuat ulang.

Kaki-kaki terlihat seperti bawaan asli Vespa. Namun siapa sangka, Doel menyatukan velg Kymco ring 10 dengan alasan agar tampilan lebih menarik dan nyentrik.

"Saya pasangkan velg ring 10 milik Kymco, tentu saja untuk mengejar tampilan agar lebih menarik," katanya

Lanjut untuk pemasangannya, Doel harus berurusan dengan tukang bubut. 

Artinya ada penyesuaian pada lubangnya, yaa harus diubah karena as depan vespa ukurannya berbeda dengan kymco.

"Harus ada penyesuaian as roda depan agar bisa masuk dengan velg kymco, oh iya, rem depan masih menggunakan model tromol untuk menguatkan kesan klasiknya," sambungnya.

Kemudian, Doel menjelaskan hal paling sulit untuk membangun motor ini. 

Katanya pada badan tengahnya yang harus dipangkas. 

Jadi body Vespa hanya diambil bagian tengah sampai depan saja.

Bagian tengah sampai belakang dibuat ulang dengan proses ketok, potong dan las. Bodynya dibuat dengan plat galvanis 0,9 mm agar lebih kuat.

Lalu, dari Yamaha Mio hanya diambil bagian mesin sampai bracketnya. Suspensi belakang juga menggunakan milik Mio lansiran 2009 ini.

"Pada Mio kami hanya ambil mesin sampai bracket dan suspensi. Pengerjaan yang paling sulit adalah konstruksi untuk dudukan mesin," sebutnya.

"Meskipun menggunakan bawaan aslinya, ada penyesuaian juga agar mesin Mio bisa masuk dengan sempurna. Posisi mesin agak maju, karena panjang mesin antara Mio dan Vespa itu berbeda," tambahnya.

Tepong pun dibuat ulang karena body belakang full berubah, namun tetap bisa dibuka dengan mudah layaknya bawaan vespa aslinya

contoh bottom frame
x