Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Agar Aman dan Nyaman Dijalan, Pahami Teknik Pengereman

Date : 23 Mei 2018 , Post Via : adit, Views : 3152

Berkendara motor memang mudah, namun menjadi pengendara yang memahami dan menjalankan prinsip safety riding membutuhkan pemahaman dan latihan.

Salah satu poin terpentingnya adalah pengereman, bukan hanya asal menarik dan atau menginjak pedal rem, lebih dalam, pengereman memiliki cara yang harus dipelajari.

Pada sepeda motor, pengereman roda belakang dan roda depan terpisah pengoperasiannya, tidak seperti mobil.

Meski Honda telah menyematkan teknologi combi braking pada motor maticnya, pengendaranya harus paham cara mengerem yang aman.

Nyatanya banyak bikers yang berpikir kalau paling efektif menghentikan laju sepeda motor dengan rem belakang.

Tak sedikit pula yang beranggapan menggunakan rem depan saja merupakan cara paling efektif menghentikan laju motor.

Meski pengoperasiannya terpisah, pengereman yang paling efektif adalah menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.

Bersamaan disini bukan berarti porsinya berbeda, karena porsi tarikan rem depan dan belakang idealnya mengikuti kondisi.

Jika kondisi jalan mulus, pengereman depan-belakang bisa dilakukan dengan porsi 70%-30%.

Namun ketika berada di jalan licin, porsi diatas akan menimbulkan petaka.

Dengan memberi tekanan lebih besar pada roda depan di jalan licin, kemungkinan ban depan terkunci akan besar.

Akibatnya pengendara akan kesulitan mengontrol motor, kemungkinan terburuknya terjatuh.

Porsi yang tepat adalah memberikan porsi yang besar pada roda belakang, kalaupun ternyata ban belakang mengunci, pengendara lebih mudah mengontrolnya.

Yang pasti pengendara harus melatih kepekaan pengeremannya.

Menyesuaikan dengan kondisi jalan dan kecepatan, karena pengereman yang baik itu adalah memperlambat laju kendaraan secara bertahap.

Ketika salah satu ban mengunci, maka jarak pengereman akan lebih panjang lagi.

Selain peranti pengereman, mesin pun bisa membantu penurunan kecepatan, pada motor manual yaitu dengan melakukan engine brake.

Yaitu dengan menurunkan posisi gigi transmisi, dan sekali lagi, teknik ini pun perlu dilatih, menyesuaikan kecepatan dan posisi gigi yang ideal. (federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x