Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Sebelum Mudik Pakai Motor Matic, Sebaiknya Perhatikan 6 Part Ini

Date : 08 Mei 2019 , Post Via : Ric, Views : 7230

Feders-Buat kamu yang memutuskan mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor matic, ada baiknya persiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari.

Hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan diri sendiri dan juga kondisi motor.

Supaya perjalanan mudik menggunakan motor berjalan lancar dan tetap aman dan nyaman, sebaiknya lakukan perawatan motor jauh sebelum pulang kampung.

Punggawa bengkel resmi Honda AHASS Todo Stanley di bilang Depok Jawa Barat, berbagi tips persiapan mudik dengan motor matic.

Stanley Sibuea, Kepala Mekanik AHASS Todo Stanley Depok, menyarankan, sebelum mudik pakai motor agar memperhatikan speedometer terlebih dahulu.

"Kalau pulang kampung pakai motor terutama motor matic, lihat dulu speedometernya, jarak tempuhnya sudah berapa kilo meter," ujar Stanley.

Menurut Stanley, dengan melihat speedometer, pemilik sepeda motor bisa mengetahui part apa saja yang harus diganti sesuai dengan buku petunjuknya.

"Dengan melihat speedometer, pemilik motor bisa menentukan bagian part aman saja yang harus diganti sesuai dengan buku petunjuknya," tambahnya.

Buat kamu yang mudik 2019 menggunakan motor matic, kamu harus memperhatikan 6 komponen ini.

1. Cek Busi
Busi sangat penting, Pastikan busi yang dipakai saat ini usianya belum mencapai 8000 km, jika sudah lebih dari 8000 km sebaiknya diganti, supaya saat mudik tidak ngadat.

Jika aki masih bagus tapi motor susah dihidupkan, atau akselerasi kurang, tandanya busi motor harus diganti atau tidak bagus.

2. Ganti Filter Udara
Filter udara pada motor mempunyai fungsi untuk menyaring udara bebas dari luar sebelum masuk ke dalam ruang pembakaran. 

Oleh karena itu jika filter udara mulai kotor, penting bagi kita agar secepatnya dibersihkan, pembersihannya pun harus secara teratur.

Jika speedomter sudah di angka 15000 km, sebaiknya saringan udara diganti, karena jika saringan udara kotor akibatnya motor jadi boros bahan bakar, tarikan terasa berat dan bisa mempengaruhi usia pakai busi.

3.Ganti Oli Mesin
Ganti oli mesin jika sudah menempuh jarak 2500 km, supaya performa mesin tetap terjaga. Jika memaksakan menggunakan oli yang sudah lama akan berbahaya buat mesin, karena tidak adapat bekerja secara maksimal.

Kalau mesin motor matic kamu mau selalu dingin, jangan lupa pakai Federam Matic Spesialis Dingin, yang akan selalu menjaga mesin motor matic kamu selama perjalanan mudik.

4. Ganti Oli Gardan
Oli gardan pada motor matic juga sama penting, Stanley menyarankan, jika sudah mencapai 2500 km sebaiknya oli gardan ganti yang baru.

5.Ganti Air Radiator
Untuk motor matic 125cc dan 150cc menggunakan pendingin cairan yang ahrus dijaga yakni radiator. Air radiator sebaiknya diganti jika sudah menempuh jarak 8000 km.

6.Ganti V-Belt
Adapun fungsi dari v- belt itu sendiri adalah untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang sehingga sepeda motor dapat melaju. 

Fungsi v-belt ini sama dengan drive chain (rantai) pada sepeda motor berjenis sport dan berjenis cub (bebek).

Jika motor matic sudah mencapai jarak tempuh 24000 km, Stanley menyarankan supaya diganti, agar tidak terjadi masalah saat mudik nanti.

Itulah part yang ahrus diganti pada motor matic sesuai dengan jarak tempuhnya. Ingat Guys, keselamatan dan kenayamanan saat mudik itu penting.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x