DETAIL NEWS

Kamu Harus Tahu, Ini Jenis dan Fungsi Ban Motor

Date : 13 Mei 2021 , Post Via : Admin, Views : 383

Kamu Harus Tahu, Ini Jenis dan Fungsi Ban Motor

Ada banyak jeni ban motor dengan fungsi yang berbeda-beda juga. Selain itu, adanya ban juga akan membantu pengendara dalam memudahkan untuk berubah arah. 

Selain itu penting juga bagi para pemilik kendaraan untuk mengetahui jenis-jenis ban motor yang beredar di pasaran. Pasalnya, masing-masing jenis ban motor memiliki fungsinya tersendiri. 

Berikut ini jenis dan fungsi ban pada sepeda motor.

1. Ban motor semi slick
Jenis yang pertama adalah ban motor semi slick. Di mana ban jenis ini lebih sering digunakan oleh kendaraan motor sport. Secara umum, ban jenis ini jauh lebih cepat gundul atau aus ketika digunakan berkendara dibandingkan ban motor biasa.

Ini disebabkan karena jenis ban motor yang satu ini terbuat dengan karet yang tipis. Sehingga hanya bisa digunakan dalam jangka pendek atau menempuh jarak sekitar 1.600 km.

2. Ban sport touring
Bagi Anda yang senang melakukan touring dengan berkendara motor, maka perlu mengetahui jenis ban yang satu ini. Jenis ban motor sport touring cocok untuk digunakan berkendara jarak jauh dan melintasi jalanan dalam berbagai medan.

3. Ban offroad
Selanjutnya ada jenis ban offroad yang secara visual saja sudah terlihat berbeda dengan jenis ban pada umumnya. Fungsi dari ban offroad ini adalah untuk menjelajahi medan-medan yang sulit dijangkau motor biasa. Mulai dari jalanan berbatu, berlumpur, sungai, pegunungan, bukit dan lain sebagainya.

4. Ban tubeless
Jenis ban yang satu ini pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda. Mengingat saat ini sudah banyak pengendara motor yang menggunakan jenis ban ini untuk kendaraan mereka. 

Ban tubeless sendiri sebenarnya merupakan jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam lagi. Sehingga usia pakai ban jenis ini jauh lebih awet dibandingkan ban biasa pada umumnya.

5. Ban dry racing dan wet racing
Sesuai namanya kedua jenis ban ini biasa digunakan untuk di arena balap motor. Berbeda dengan jenis ban lain, ban racing biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal selain itu juga memiliki usia pakai yang cukup singkat. Sehingga sangat tidak cocok untuk digunakan dalam rutinitas harian.



contoh bottom frame
x