DETAIL NEWS

Ini Jenis Rem Motor yang Harus Kamu Ketahui

Date : 20 Mei 2021 , Post Via : Admin, Views : 350

 Ini Jenis Rem Motor yang Harus Kamu Ketahui

Hal ini perlu dipahami terlebih dahulu, agar pengendara tidak salah kaprah dalam mengartikan rem tersebut beserta fungsi yang dimiliki.

Rem, merupakan bagian atau komponen  dari kendaraan yang berfungsi untuk menghentikan jalannya kendaraan. 

Rem itu sendiri merupakan alat berupa besi yang akan menekan permukaan roda ketika ditarik atau diinjak, sehingga bisa memperlambat atau menghentikan laju perputaran roda.

Baca Juga: Berikut ini Tanda Jika Kampas Rem Motor Harus Diganti

Karena rem terbuat dari besi, maka dipastikan akan menimbulkan gesekan yang bisa menimbulkan panas dan juga suara bila bersentuhan dengan roda. Oleh sebab itu, permukaan rem dipasang kampas rem, untuk menghindari itu semua.

Jenis rem itu sendiri ada dua macam, yaitu rem tromol dan cakram. Rem tromol lebih dahulu ada dibandingkan dengan cakram. 

Kedua jenis rem ini sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Meskipun rem cakram dianggap lebih kuat, tetapi tromol sampai saat ini tetap digunakan.

Rem tromol yang memiliki permukaan lebih lebar, biasanya dipakai pada kendaraan-kendaraan besar dan berat, seperti bus dan truk. 

Karena dengan permukaannya yang luas, akan menimbulkan gesekan lebih kuat, sehingga mampu menghentikan laju roda kendaraan besar.

Baca Juga: Dampak Jika Telat Ganti Oli Mesin Pada Motor, Mesin Bisa Cepat Rusak



contoh bottom frame
x