Beranda / Berita / Tarikan Motor Tertahan

Tarikan Motor Tertahan? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Tarikan Motor Tertahan? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

 

Federal Oil - Feders pernah mengalami gas tersendat saat menggunakan sepeda motor?

Tenaga motor yang tersendat bisa disebabkan oleh beberapa hal, khususnya di komponen mesin motor.

Kenali beberapa penyebab tenaga motor tertahan serta bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya.

1. Filter Udara yang Kotor

Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menghambat aliran udara ke mesin, membuat motor menjadi lebih boros bensin dan mengakibatkan kehilangan tenaga saat digunakan.

Solusinya adalah membersihkan atau mengganti filter udara secara teratur sesuai dengan jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan sepeda motor.

2. Sistem Bahan Bakar yang Tersumbat

Penyumbatan pada saluran bahan bakar atau injektor yang kotor dapat mengganggu aliran bahan bakar ke mesin, yang mengakibatkan pengurangan tenaga. 

Membersihkan atau mengganti filter bahan bakar secara teratur dapat membantu mengatasi masalah ini.

Menggunakan bensin yang tanpa timbal juga bisa menjadi salah satu tindakan pencegahan agar sistem bahan bakar tidak mudah tersumbat.

3. Busi yang Rusak atau Tidak Tepat

Busi yang rusak atau tidak tepat dapat mengganggu pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar, mengurangi kinerja mesin dan tenaga yang dihasilkan. 

Periksa busi secara teratur dan ganti jika diperlukan sesuai dengan jadwal perawatan yang direkomendasikan.

4. Oli Mesin yang Kotor atau Berkurang

Oli mesin yang kotor atau kurang dapat menyebabkan gesekan berlebihan antara komponen mesin, mengurangi efisiensi dan tenaga yang dihasilkan. 

Gantilah oli secara teratur sesuai dengan jadwal perawatan dan pastikan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrik.

Feders bisa menggunakan produk-produk Federal Oil™ yang diperuntukkan untuk motor harian, seperti merek-merek motor keluaran Jepang.

Selain itu, dengan menggunakan oli dari Federal Oil™, motor Feders bisa semakin nyaman saat digunakan, karena Federal Oil™ memiliki keunggulan Triple Comfort Formula yang bisa bikin makin nyaman yakni, 5% lebih hemat bbm, mesin lebih dingin 5°C dan tarikan lebih responsif.

5. Hilang Kompresi

Penyebab tenaga motor seperti tertahan yang selanjutnya adalah hilangnya kompresi pada motor. 

Kompresi pada motor adalah tekanan yang dihasilkan pada piston saat gas dan udara dipadatkan sehingga volumenya mengecil. 

Pada saat kompresi motor menghilang, maka tenaga sepeda motor pun akan tertahan. 

Hal ini paling sering terjadi pada motor matic yang memiliki RPM tinggi. Dampak yang terjadi bahkan bukan hanya tenaga motor tertahan, tetapi juga bisa menyebabkan mesin mati saat digunakan.

Cara mengatasi motor yang sudah mati karena masalah pada kompresi ini adalah dengan menggunakan kick-starter dan tarik gas sampai maksimal, tujuannya agar bahan bakar bisa masuk ke dalam mesin sehingga motor bisa menyala kembali.

(federaloil.co.id)

 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine