Beranda / Berita / Benturan

Velg Motor Penyok? Jangan Dibiarkan, Bisa Merusak Sepeda Motor

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Velg Motor Penyok? Jangan Dibiarkan, Bisa Merusak Sepeda Motor

 

Federal Oil - Untuk semua pengendara, pastinya sudah mengenal velg yang ada di sepeda motornya.

Fungsinya adalah untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan dan sebagai "rumah" dari ban motor.

Dengan fungsi yang cukup penting tersebut, menjaga velg tetap dalam kondisi yang prima juga bisa meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Namun begitu, ada saja kerusakan velg motor yang menyebabkan permukaannya rusak maupun penyok saat sepeda motor digunakan.

Tingkat kerusakan akibat benturan  bisa sangat bervariasi tergantung dari jenis velgnya.

Umumnya, velg yang ada pada sepeda motor terbaru khususnya motor matik telah menggunakan velg berjenis Cast Wheel atau velg palang yang tidak akan patah, tapi bisa memar dan penyok akibat benturan, tergantung seberapa besar benturan yang diterima.

Berbeda dengan velg jari-jari atau spoke wheel yang umum dijumpai pada motor bebek,  velg  palang jauh lebih kokoh saat digunakan.

Ketika menerima tekanan atau benturan, velg palang tidak patah, namun mengalami bengkok.

Kebengkokan velg tidak bisa sepelekan, karena  seal penahan angin ban sudah rusak dan ban tubeless tidak bisa digunakan lagi.

Kedua, velg bengkok juga berpotensi merusak bearing motor sehingga sepeda motor saat digunakan tidak akan nyaman.

Solusi yang biasanya diambil oleh pengendara saat velg bengkok adalah melakukan servis press velg motor di mana velg dipanaskan dan dibentuk ulang. 

Akan tetapi, cara ini tidak tidak direkomendasikan, sebaiknya velg yang penyok  diganti dengan yang baru agar berkendara makin nyaman.

Meskipun sedikit mahal, biaya tersebut sebanding dengan kualitas dan keamanan yang diberikan.

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine