Beranda / Berita / Baut Pembuangan Oli

Ring Baut Oli, Kecil Tapi Berfungsi Vital

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Ring Baut Oli, Kecil Tapi Berfungsi Vital

 

Federal Oil - Apakah Feders sering memperhatikan saat sedang mengganti oli, ada sebuah ring yang tempatnya berada di baut oli?

Meskipun terkesan remeh, namun ternyata ring ini memiliki fungsi yang cukup vital lho bagi sepeda motor kesayangan Feders.

Fungsinya adalah untuk mencegah oli mesin rembes keluar dari bagian baut pembuangan oli tersebut.

Jika ring  baut oli atau ring tap oli ini sampai ketinggalan untuk dipasang, juga bisa  menimbulkan masalah besar, yakni  bisa bikin oli mesin yang baru diisi bisa saja oli merembes keluar.

Begitupun jika ring baut pembuangan tidak pernah diganti,  oli mesin pasti bisa merembes melalui lubang pembuangan oli mesin.

Menurut Yanto, dari Bengkel Dasawarna yang berada di bilangan Ciledug Tangerang, banyak pengguna sepeda motor yang mengakali, jika ring baut tersebut hilang saat dilakukan penggantian oli mesin, yakni diganti menggunakan seal tape.

"Gunanya sama, tapi fungsinya tentu berbeda dan tidak maksimal. Lebih baik ring washer pada baut diganti saja dengan yang baru, apalagi, harganya juga tidak mahal " lanjutnya.

Apabila motor  tidak memakai ring tersebut pada baut pembuangan oli mesin juga berpotensi merusak komponen mesin.

Terutama, pada saat mengencangkan baut jalur pembuangan oli mesin, maka bisa membuat mesin jadi retak.

"Ujungnya, oli mesin tetap rembes meskipun sudah pakai ring baru dan seal tape agar aman. Jika oli mesin motor terus rembes dari lubang baut pembuangan, coba cek kondisi ringnya, apakah sudah rusak" tutup Yanto.

Meski terlihat sepele, ring baut oli mesin motor ternyata fungsi penting ya Feders.

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine