Beranda / Berita / Fuel Pump

Tiga Sebab Fuel Pump Motor Mengalami Kerusakan

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Tiga Sebab Fuel Pump Motor Mengalami Kerusakan

 

Federal Oil - Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, tentunya menggunakan injektor dalam sepeda motor saat ini sudah lumrah digunakan.

Fungsinya sebagai pengabut bahan bakar dari tangki bensin menuju ke mesin.

Namun, perbedaannya dengan teknologi karburator adalah pada teknologi injeksi, sepeda motor menggunakan fuel pump untuk untuk menghisap bahan bakar. 

Fungsi dari fuel pump ini sangat vital  karena berperan menyalurkan bensin ke injektor sesuai porsi dan menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi sehingga pembakaran bisa sempurna

Secara umum, fuel pump bisa bertahan hingga lima tahun jika digunakan secara normal dan dilakukan perawatan secara rutin.

Secara umum diyakini, fungsi Fuel pump motor bisa melemah dikarenakan usia pakai dan kebiasaan selalu membiarkan bensin dalam tangki sampai  kering  kerontang alias kosong.

Artinya, selalu menjaga volume bensin tidak sampai kosong, setidaknya setengah tangki bisa membuat fuel pump juga menjadi lebih awet.

Namun, sesungguhnya penyebab rusaknya fuel pump bukan semata-mata kesalahan karena sering membiarkan tangki bahan bakar hampir kosong.

Penyebab utama adalah karena pada komponen tersebut terdapat sumbatan  dari endapan kotoran yang dikarenakan kualitas bensin yang buruk dan penuh timbal.

Sementara penyebab lain munculnya endapan pada rangka karena kendaraan tidak pernah dipakai, sehingga bahan bakar di dalamnya dibiarkan mengendap.

Selain karena faktor bensin dan endapan kotor, faktor umur juga bisa menjadi penyebabnya.

Karena motor sering dipakai untuk waktu yang lama, tentunya komponen fuel pump menjadi buruk walaupun selalu memakai bahan bakar yang bagus.

Pada akhirnya, komponen ini perlu diganti karena telah rusak.

Jadi, penyebab utama dari rusaknya fuel pump adalah kualitas bahan bakar yang buruk serta cara penggunaan sepeda motor itu sendiri.

Untuk menghindari kerusakan pada fuel pump, ada baiknya untuk memakai bensin berkualitas tinggi dan tanpa timbal, serta rutin memanaskan motor jika jarang digunakan.

Solusi mudah lainnya adalah lakukan perawatan rutin serta penggantian oli di bengkel rekanan Federal Oil, yakni Federal Oil Center yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk mencari lokasi Federal Oil Center terdekat dengan lokasi tempat tinggal Feders, cukup KLIK LINK INI saja ya!

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine