Beranda / Berita / Jika

Jika Rantai Motor Kendur, Lebih Baik Potong atau Ganti Baru?

Tanggal : , Penulis : Federal Oil Team

Jika Rantai Motor Kendur, Lebih Baik Potong atau Ganti Baru?

Jika masih dalam batas wajar, bisa dilakukan penyetelan pada setelan rantainya.

namun jika sudah sampai batas itu, tindakan apa yang harusnya dilakukan ?

Memotong beberapa ruas rantai yang kendur, mungkin banyak dilakukan pemilik motor

Namun, amankah hal tersebut untuk berkendara jangka panjang?

(BACA JUGA : Intip Paket Kredit Termurah Skutik Yamaha Mio, Angsurannya Bisa Rp 600an)

Menanggapi hal terebut, Mekanik Senior Honda Motor Care Ahmad Fauzi mengatakan cara tersebut meski terbilang aman, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan pengguna motor.

Salah satu yang paling mencuri perhatian yakni kondisi gir yang kian mulai meruncing.

"Kalau untuk jarak jangka panjang sebenarnya kurang aman untuk berkendara karena kualitas rantai menjadi kurang baik. 

Kami sarankan sebaiknya secepatnya diganti," kata Fauzi seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Meski terbilang riskan untuk jarak tempuh jauh, ia mengaku kerap menemukan konsumen yang bersikukuh memotong rantai, bukan menggantinya dengan sparepart baru.

Menghadapi kondisi tersebut, Fauzi mengaku tidak bisa memaksakan konsumen sebagai pemilik kendaraan. Meski riskan, sejatinya masih ada alternatif terakhir yang bisa dilakukan yakni menyetel ulang rantai motor.

"Dibanding dipotong, ada alternatif terakhir yakni menyetel rantai motor agar di jalanan tidak lepas karena kalau kendur jadi mudah copot," ujarnya.

"Sebenernya kalau untuk pemotongan rantai yang pakai alat itu ngga ngerusak. Sementara kalau manual karena dipukul pakai obeng kemudian digerinda jadi bisa merusak komponen yang dipotong sehingga tidak aman saat dipakai berkendara," lanjutnya.

Bukan hanya itu, meski dipotong menggunakan alat khusus ia juga memastikan masa pakai rantai tidak bisa disamakan dengan sparepart baru.

Sebulan setelah rantai dipotong, pemilik motor dianjurkan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Hal itu juga harus mempertimbangkan besarnya beban yang harus diangkut motor setiap harinya.

"Sebulan biasanya sudah maksimal untuk daya pakai masih kuat, itu juga tergantung beban karena semakin berat rantai bisa mudah mengendur lagi," pungkasnya. (Federaloil.co.id)

 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine