Oli motor terbaik dan spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Oli Moge, Beda Dengan Oli Motor Biasa

Date : 17 Juli 2015 , Post Via : opix, Views : 13570

Oli Moge, Beda Dengan Oli Motor Biasa

Motor-motor kapasitas mesin gede 250 cc ke atas atau moge kian membanjiri pasar motor. Kehadiran moge ini diikuti dengan kebutuhan akan pelumas yang tak bisa disamakan dengan motor biasa. "Pelumas untuk motor 250 cc ke atas berbeda dengan motor cc kecil," buka Ir. Priyo Aripurwadi MBA. MSc selaku Direktur R&D PT Federal Karyatama produsen oli Federal Oil.

Perbedaan pelumas ini tentu karena sebab tertentu. "Indicative pressure yang dihasilkan oleh proses pembakaran bahan bakar ber-oktan tinggi yang bekerja di atas permukaan piston dengan ukuran diameter besar, akan menimbulkan gaya lebih besar pada pin crankshaft. Sehingga dibutuhkan pelumas yang mampu mengatasi gaya besar tadi. Karena itu olinya beda," ujarnya.

Lebih lanjut Ir Priyo Aripurwadi MBA. MSc menambahkan. “Mesin berkapasitas besar tentu menghasilkan tenaga lebih besar pula jika dibandingkan mesin berkapasitas kecil. Oleh karena itu dibutuhkan pelumas dengan kualitas spesial dari sisi SAE dan API Service-nya, supaya performa mesin tetap maksimal dan bagian-bagian mesin terjaga dari keausan sehingga terawat dengan baik.

Mesin yang bertenaga besar memiliki ukuran diameter piston lebih besar. Sehingga ngaya-gaya yang timbul akan menekan bagian crankshaft dengan gaya yang lebih besar pula,” ujar pria ramah ini.

Federal Oil sendiri memiliki pelumas khusus untuk melayani kebutuhan mesin moge ini. Federal SuperRacing merupakan pelumas full synthetic dengan SAE 5W-30  API SM yang didesain khusus untuk mesin roda dua dengan akselerasi tinggi dan performa maksimal seperti Honda CBR 150 dan 250, Kawasaki Ninja 250, atau moge-moge 600cc, serta motor-motor lain yang memerlukan spesifikasi oli encer SAE 5W-30 dan 10W-30. Untuk pelumasan moge pakai oli yang secara spesifikasi sesuai dengan kebutuhan kerja mesin.



x