Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

CVT Motor Matik Dengung Saat Deselerasi,Yuk Cari Tahu!

Date : 27 Juli 2016 , Post Via : admin, Views : 56898

CVT Motor Matik Dengung Saat Deselerasi,Yuk Cari Tahu!

Suara berisik yang timbul dari rumah CVT seringkali disebabkan oleh roller di puli primer yang sudah tidak presisi. Hal ini dikarenakan alur roller di puli primer terkikis atau karet slider-nya sudah oblak. Jika dibiarkan, maka akan menimbulkan getaran dan gerakan pelat tutup roller tidak stabil.

Kondisi itu umumnya terjadi saat berakselerasi atau ketika motor dijalankan. Jalan keluarnya adalah dengan mengganti komponen di seputara puli primer. Sebaiknya, cek juga komponen lainnya saat melakukan servis rutin misalnya puli primer, sekunder, kopling otomatis hinggga girboks.

Dari analisa mekanik disimpulkan laher-laher di girboks sudah aus. Akibatnya, celah antar mata gigi renggang dan menyebabkan timbul suara kasar. Akibatnya saat roda deselarasi timbul dengung keras di belakang rumah CVT.

Adapun penyebab laher girboks oblak, menurut Suar banyak sumbernya. Bisa dari usia pakai, jarang ganti atau cek oli atau membiarkan terjadi kebocoran pada ruang gearbox sehingga pelumasan komponen jadi kurang maksimal.

Nah, kalau memang benar, laher di girboks sudah oblak sebaiknya segera lakukan penggantian. Jangan lupa juga cek dan ganti oli mesin. Pastikan juga komponen di as rumah kopling dan puli sekunder tidak ada yang rusak atau bocor.
 



contoh bottom frame
x