DETAIL NEWS

Ternyata Teknologi Injeksi Sudah Ada Sejak Tahun 1980

Date : 02 Agustus 2018 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 749

Hi Feders, tahukah kamu, ternyata teknologi injeksi sudah lama diterapkan pada sepeda motor lho, dan ternyata teknologi injeksi itu sudah digunakan sejak tahun 1980-an.

Motor yang pertama kali memakai teknologi injeksi adalah Honda CX500 Turbo. Di Indonesia sendiri teknologi injeksi mulai boming sekitar 10 tahunan.

Penemu teknologi injeksi bernama Robert Bosch tahun 1927 yang digunakan untuk mesin diesel. Sedangkan untuk di kendaraan pertama diterapkan pada pesawat Messerschmitt BF-109 pada tahun 1939.

Kemudian diterapkan pada mobil Merceds-Benz sekitar tahun 1957. Sedangkan pada motor merupakan kendaraan terkahir yang menggunakan teknologi injeksi.

Untuk motor di Indonesia yang pertama menggunakan teknologi injeksi Honda Supra, saat itu namanya Honda Supra X125 PGM-FI yang diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada tahun 2005.

Namun saat itu, motor yang menggunakan teknologi injeksi masih belum dikenal oleh masyarakat Indonesia, meungkin karena masih asing, sehingga masyarakat masih memilih motor yang menggunakan karburator.

Memasuki tahun 2013, pemerintah mewajibkan semua motor harus menggunakan teknologi injeksi, tujuannya untuk mengurangi polusi udara, sehingga tahun 2013 boleh dibilang sebagai eranya motor injeksi di Indonesia.(Federaloil.co.id)