Oli motor terbaik dan spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Mengenal Teknologi ABS Pada Motor

Date : 13 Agustus 2018 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 2493

Mengenal Teknologi ABS Pada Motor

Federal Oil-Keselamatan saat mengendarai motor sangat penting, untuk itu para pabrikan motor  menerapkan teknologi keselamatan, salah satunya teknologi Anti-lock Braking System (ABS).

Kini teknologi ABS pada motor tidak hanya terdapat pada motor-motor sport, tapi motor matik berkapasitas 150cc juga sudah memakai ABS, seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX150.

ABS merupakan sistem pengereman pada motor supaya roda tidak mengunci ketika kita melakukan pengereman mendadak.

BACA JUGA : Beda Pelumasan Motor Matik dan Motor Manual

Cara kerja rem ABS pada motor ini sendiri adalah sensor sistem ABS ini akan mendeteksi terjadinya sebuah penguncian terhadap roda, secara otomatis sensor akan mengirimkan sebuah sinyal ke modulator yang kemudian berfungsi untuk memerintahkan piston rem pada roda tersebut agar mengendur. 

Pada saat penguncian roda sudah mulai berkurang, maka tekanan terhadap piston rem tersebut akan kembali ditingkatkan. Secara teknikal, cara kerja rem ABS ini sendiri seperti kita sedang melakukan settingan terhadap rem dengan cara mengocok pedal rem. Sehingga kendaraan dengan sistem rem ABS ini tidak akan langsung berhenti pada saat pedal rem ditekan secara penuh.

Memang motor yang sudah dilengkapi dengan teknologi ABS, harganya lebih mahal, dari motor yang tanpa memakai ABS.(federaloil.co.id)



x