alexa

DETAIL NEWS

Mau Aman dan Nyaman Saat Riding ? Berikut Tips Safety Riding Biar Aman di Jalan

Date : 14 Agustus 2018 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 264

Feders-Mengendarai motor memang lebih mudah dan praktis karena bisa sela-slip, tapi masih banyak pengendara motor yang tidak peduli dengan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain, padahal keselamatan itu sangat penting.

Banyak pengendara motor yang asal nyalip, asal pakai perlengkapan, Kebiasaan pengendara yang terburu-buru, “tidak bisa”  atau kelelahan meningkatkan resiko kecelakaan. Yuk simak tips safety riding berikut ini.

1. Gunakan pikiran dan jaga kepala
Semua orang memiliki otak, tapi tidak dipergunakan untuk berfikir, nyalip sembarangan, lawan arah bahkan menerobos lampu merah.

Bahkan masih banyak yang tidak memakai helm untuk melindungi kepala, padahal helm salah satu perlengkapan riding yang wajib digunakan, supaya ketika terjadi kecelakaan atau terjatuh, kepala terlindungi dari benturan benda keras.

Oleh karena itu, jangan lupa selalu pakai helm yang baik dan benar. Jangan lupa diklik supaya saat terjatuh helm tidak terlepas dari kepala.

2.Pakai perlengkapan
Perlengkapan untuk riding bukan hanya sekedar memakai baju dan celana saja. Tapi pakailah jaket, celana panjang, sepatu, sarung tangan, masker bila perlu pakai body protektor pada bagian siku tangan kanan kiri dan juga bagian lutut, supaya jika terjatuh kulit pada bagian tubuh kita tidak mudah tergores atau terluka.

3. Selalu periksa kendaraan
Poin tiga ini sangat jarang sekali dilakukan oleh para bikers, memeriksa kendaraan sebelum digunakan sangat penting. Periksa rem, lampu-lampu, rantai, pelumas, tekanan angin ban dan jangan lupa juga periksa bahan bakar, siapa tahu jarum atau penunjuk bahan bakar sedang eror. Jangan sampai begitu jalan kehabisan bahan bakar di tengah jalan.

4.Jaga diri atau difensif
Sikap ini yang sangat sulit dilakukan oleh bikers, selalu buru-buru, tidak mau melihat kondisi sekitar, padahal macet tapi maunya cepat.

Orang selalu terburu-buru. Saatnya Anda defensif. Bukan berarti Anda harus jalan pelan-pelan. Itu justru bahaya bila Anda di jalur cepat. Tapi, cobalah sesuaikan kecepatan dengan arus. Jaga jarak dengan kendaraan di depan.

Nah Feders yuk terapkan safety riding demi keselamatan bersama, tertib berlalu lintas dan patuhi rambu lalu lintas.(federaloi.co.id)