Beranda / Berita / Teknologi Motor

Yuk Kenali Teknologi VVA dan SMG Pada Motor Yamaha

Tanggal : , Penulis : Federal Oil Team

Yuk Kenali Teknologi VVA dan SMG Pada Motor Yamaha

Feders-Variable Valve Actuation (VVA) dan Smart Motor Generator (SMG) adalah teknologi andalan motor terbaru Yamaha. Prinsip kerjanya mirip VTEC di mobil Honda dan VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) di mobil Toyota.

Sistem VVA ini baru hadir di dua produk terbaru Yamaha N-Max dan Aerox 155, sementara SMG baru tersedia di sepedamotor Aerox 155.

Variable Valve Actuation merupakan sistem yang mengatur kerja klep (valve). Fungsinya untuk mengatur bukaan valve yang bertujuan untuk menyesuaikan suplai BBM ke dalam ruang bakar.

Baca Juga

  • Ternyata Teknologi Injeksi Sudah Ada Sejak Tahun 1980

Besar kemungkinan VVA akan tersimpan pada sepedamotor sport atau bebek sport Yamaha mengingat teknologi ini sangat cerdas untuk meningkatkan performa mesin namun tetap efisien dan ramah lingkungan.

Untuk Smart Motor Generator (SMG). Hadirnya teknologi ini menggantikan fungsi dari motor stater. Jadi kerja motor stater untuk menggerakkan crankshaft pada umumnya mesin motor diganti dengan benda tersebut.

Kerja Smart Motor Generator lebih halus ketimbang motor stater ketika menggerakkan crankshaft. Dan setelah mesin menyala, perangkat ini menjadi generator untuk mengisi baterai. Dengan perangkat ini, motor starter konvensional tidak digunakan lagi.

Baca Juga

  • Yamaha YZF-R6 Aplikasi Teknologi MotoGP

SMG bersinergi dengan fitur SSS (Stop & Start System). Teknologi ini sendiri bukan hal baru di roda dua, merek pesaing terbukti sukses menggunakan teknologi tersebut, namun dengan setingan berbeda.

Sistem kerja pada Aerox akan aktif ketika motor bergerak selama 10 menit pertama untuk menghindari penggunaan baterai berlebihan terutama saat terjebak macet dan fitur ini bisa dinonaktifkan ketika tidak dibutuhkan.(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine