Beranda / Berita / MotoGP Sentul

Ternyata MotoGP Pernah Diadakan di Sirkuit Sentul

Tanggal : , Penulis : Federal Oil Team

Ternyata MotoGP Pernah Diadakan di Sirkuit Sentul

Feders-Sirkuit International Sentul memiliki sejarah yang patut kita banggakan, pasalnya sirkuit yang berada di Bogor ini pernah digunakan untuk balap MotoGP.

Sirkuit Sentul dibangun oleh Hutomo Mandala Putra, putra dari Presiden Soeharto mulai dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan pada tahun 1993.

Selain untuk menyelenggarakan balap motor, sirkuit Sentul juga digunakan untuk balap mobil, bahkan pernah digunakan untuk balap Formula One (F1), namun karena karakter sirkuitnya tidak cocok, maka tidak lagi digunakan untuk balap F1.

Baca Juga

  • Tahukah Kamu, Kalau 10 Agustus Sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ?

Pada tahun 1996 dan 1997, sirkuit Sentul pernah digunakan untuk balap motor kelas dunia yakni MotoGP. Tiga pebalap terkenal pernah merasakan balapan di Sentul yakni Valentino Rossi, Michael Doohan dan Max Biaggi.

Saat itu kelas yang dilombaka, 500cc, 250cc dan 125cc. Rossi tampil sebagai juara di kelas 125cc, Max Biaggi yang terjun di kelas 250cc berhasil meraih juara dan Doohan menjuarai kelas 500cc.

Data sirkuit Sentul: Panjang lintasan 4,02 km, lebar 15 meter, trek lurus 900 meter, memiliki 11 tikungan. Garasi pit 50 dan 2 tribun tertutup.(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine