alexa

DETAIL NEWS

Pentingnya Menjaga Tekanan Angin Ban Motor

Date : 22 September 2018 , Post Via : Ric, Views : 170

Feders-Sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat praktis untuk digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari. Idelanya, sepeda motor lebih nyaman digunakan di jalanan yang padat dan lebih efektif dalam menembus kemacetan di jam-jam sibuk. Namun, untuk membuat kinerjanya lebih nyaman, perlu diperhatikan tekanan anginnya.

Tentunya, tekanan angin ban di masing-masing jenis motor, beda-beda, tergantung jenis motornya. Sementara untuk pengecekan tekanan angin, sebaiknya dilakukan setiap minggu. 

Tekanan angin pada ban harus selalu sesuai dengan yang dibutuhkan. Jangan sampai ban motor mengalami tekanan angin yang kurang atau terlalu berlebih.

Akibat Kurangnya Tekanan Angin
Ban yang kurang angin memiliki sejumlah kerugian dan bahkan bisa menggangu kenyamanan berkendara. Berikut adalah hal-hal merugikan yang bisa Anda alami jika ban motor kekurangan angin:

Tarikan Yang Berat
Ban yang kekurangan angin akan tentunya tidak bisa berputar dengan sempurna. Dengan beban yang berat, maka tarikan motor akan semakin berat. Hal ini membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

Ban Habis Tidak Rata
Ban yang dibiarkan kurang angin, tentu akan mengalami pengikisan yang tidak seimbang. Dalam kondisi yang kempes, bagian ban yang menapak ke aspal hanyalah bagian pinggiran ban, sedang bagian tengahnya tertekuk ke atas. Akhirnya membuat bagian samping ban cepat habis.

Boros Bahan Bakar
Dalam kondisi yang kurang angin, jumlah telapak ban yang menempel ke aspal cenderung lebih banyak. Ini mengakibatkan gesekan antara permukaan ban dan aspal semakin besar. 

Dibutuhkan tenaga tambahan untuk melaju. Besarnya gesekan membuat mesin bekerja lebih keras sehingga menyarap bahan bakan lebih banyak.

Benjolan Pada Ban
Sering menggunakan ban yang kurang angin dapat mengakibatkan munculnya benjolan pada dinding samping ban. Penyebab benjolan ini membuat sidewall jadi kurang kuat menahan benturan keras dan konstruksinya telah rusak.

Ban Lebih Mudah Meletus
Ban akan mudah pecah karena digunakan dalam kondisi kempis hingga secra terus menerus. Permukaan yang sering bergesekan dengan permukaan jalan bisa menyebabkan penipisan sehingga benang kawat pada bagian dalam ban bisa putus dan kekuatannya akan berkurang drastis. (federaloil.co.id)