Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Federal Oil Dukung Mahasiswa UGM Lomba Balap Formula di Jepang

Date : 15 Oktober 2012 , Post Via : admin, Views : 3802

Federal Oil Dukung Mahasiswa UGM Lomba Balap Formula di Jepang

Optimisme untuk mengharumkan 'Merah Putih' di kancah Internasional akhirnya terwujud setelah sekumpulan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berpastisipasi di kompetisi Student Formula SAE (Society of Automotive Engineers) Competition 2012, Jepang.

Memang tak ada peran pemerintah secara langsung dalam proyek mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Industri ini. Namun, dukungan dari beberapa sponsor mampu membulatkan tekad anak negeri ini untuk berlaga pada 3-7 September 2012 lalu.

Federal Oil rupanya cukup melek akan hal ini. Mobil Formula mungil bernama Bimasakti tersebut pun dibekali mesin Honda CBR 600RR yang merupakan pemberian Federal Oil.

"Mesin 600 cc dari Federal Oil ini kemudian dimodifikasi pada air intake sytem, fuel supply, dan knalpot," kata Fikri, salah satu anggota dari proyek Bimasakti.

Mobil balap ini memiliki dimensi 2.500 mm x 1.100 mm x 1.050 mm menggunakan chain-drive system, air-liquid cooling system dan bodi serat fiber kustom.

Mobil ini mengikuti beberapa pengujian seperti akselerasi (uji kecepatan mobil dalam jarak 75 meter trek lurus), skidpad (uji kemampuan cornering dalam linkaran menyerupai angka 8), autocross (uji kemampuan dalam melewati 1 lap dengan trk lurus dan slalom), endurance dan fuel ecomony (uji ketahanan dalam 22 lap serta konsumsi bahan bakar).

Meski belum bisa berbicara banyak, namun Bimasakti mampu meraih peringkat ke-55 dari 82 peserta dari berbagai negara. Kita tunggu tahun depan!



contoh bottom frame
x