Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Jurus Jitu Hindari Kecelakaan Disaat Hujan

Date : 30 Oktober 2013 , Post Via : admin, Views : 5549

Jurus Jitu Hindari Kecelakaan Disaat Hujan

Bagi anda yang memilih tetap berkendara disaat hujan, penting untuk memperhatikan perilaku yang benar agar terhindar dari kecelakaan. Namun, kunci utamanya adalah tetap fokus melihat kondisi di jalanan.

Sudah menjadi siklus tahunan, menjelang akhir tahun cuaca di Indonesia memasuki musim hujan. Contohnya terjadi beberapa hari kemarin dimana hujan deras disertai angin kencang terjadi di beberapa daerah termasuk pula ibukota Jakarta.

Jalan yang basah serta licin akan sangat berbahaya bagi pengendara sepeda motor. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Saat berkendara di jalanan licin, yang harus diperhatikan adalah jaga jarak aman dan hindari pengereman mendadak,” buka Jusri Pulubuhu selaku pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Jusri mengatakan jalanan basah akan mengurangi kemampuan traksi roda. Sehingga jarak pengereman akan lebih panjang ketimbang saat kering. “Lebih baik menjaga jarak aman sedikit lebih jauh dari kendaraan di depan. Sehingga kondisi di depan lebih mudah dipantau,” tambahnya.

Kemudian jangan melakukan manuver secara mendadak. “Jelas keseimbangan motor saat jalan kering dan basah berbeda. Tentunya, manuver patah saat berkendara di lintasan yang licin lebih rawan selip,” tutup Jusri.

Jika memang hujan terlalu deras atau bahkan disertai angin kencang, tidak ada salahnya untuk berteduk lebih dulu. Tapi tetap cari tempat berteduh yang layak dan jangan sampai mengganggu lalu lintas ya!



contoh bottom frame
x