Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Tips Safety Riding, Cara Menikung Biar Aman

Date : 14 Oktober 2018 , Post Via : Ric, Views : 2537

Tips Safety Riding, Cara Menikung Biar Aman

Feders-Menikung menggunakan sepeda motor ternyata tak bisa sembarangan dilakukan, apalagi saat kecepatan cukup tinggi dan jalan dalam kondisi basah. Jika salah, bisa-bisa terperosok jatuh cium aspal.

Tak dipungkiri juga, kalau sepeda motor masih menjadi penyumbang terbesar keselakaan. Siswanto, Instruktur Safety Riding Honda Wahana coba berbagi tips buat biker, agar selamat melalui tikungan.

“Ketika akan menikung, apabila motor dalam kecepatan di 40 kpj, posisi aman untuk melakukan pengereman setidaknya pada jarak 10 meter sebelum masuk tikungan,” ujar Siswanto

“Bagi yang menggunakan motor sport jangan kebiasaan tarik kopling, langsung saja menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dan mengendurkan gas. Setelah motor ada di tikungkan, baru tarik kopling untuk pindah gigi dan kemudian gas lagi,” ucap Siswanto.

“Skuter matik lebih enak, hanya tinggal rem dan turunkan kecepatan. Sedangkan motor bebek mekanismenya hampir sama dengan motor sport, rem sebelum masuk tikungan habis itu pindah gigi kemudian tarik gas lagi sambil menegakkan motor keluar tikungan,” kata Siswanto.

Siswanto mengingatkan, biker kebanyakan terjatuh karena motor nyelonong atau karena menekan kopling. Kemudian jangan lakukan engine brake saat mau menikung, karena itu tindakan berbahaya.

Jika badan tidak seimbang engine brake bisa membuat sliding. Lalu gear set bisa putus atau lepas, kemudian gigi transmisi bisa rusak,” tutur Siswanto.



contoh bottom frame
x