DETAIL NEWS

Dengan Teknologi ACG Starter, Bikin Motor Matic Honda Tidak Bersuara Kasar

Date : 18 Oktober 2018 , Post Via : Ric, Views : 248

Dengan Teknologi ACG Starter, Bikin Motor Matic Honda Tidak Bersuara Kasar

Feders-Motor matic Honda keluaran terbaru sekarang sudah menganut teknologi Alternating Current Generator (ACG) starter.

Starter tipe ini tidak lagi membutuhkan dinamo starter konvensional untuk memutar kruk as dan menciptakan pembakaran awal.

Pada ACG Starter tidak adalagi dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi penggeraknya, makanya motor matic Honda sekarang bersuara halus saat tombol starter dipencet.

Perangkat starter yang sekaligus menjadi altenator ini sebenarnya sudah diadopsi pertama kali pada Honda PCX 125.

"Karena tidak ada lagi dinamo starter dan mekanisme gigi starter maka suara kasar akibat gesekan antar komponen bisa dikurangi. Suaranya lebih halus dan lebih minim getaran," buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor, PT Astra Honda Motor (AHM).

Cara kerja ACG starter sebenarnya sama seperti prinsip kerja alternator pada umumnya. Hanya bedanya, pada awal menekan tombol starter, putaran magnet digunakan untuk menghidupkan mesin.

Alternator pada Vario Techno 125 ini memiliki 12 kutub magnet permanen yang terdapat di fly wheel. Juga memiliki 18 kumparan yang memiliki kutub magnet remanen atau magnet tidak tetap. 18 kumparan ini dibagi menjadi 3 hall yang berbeda.

Ketika tombol starter ditekan, arus listik akan langsung mengalir menuju FET circuit di Electronic Contol Module (ECM) yang membagi arus listik yang masuk secara kombinasi ke 3 hall dalam kumparan tadi.

"Tujuannya tercipta medan magnet yang saling tolak dan menarik untuk membuat flywheel bergerak," jelas pria ramah ini.

Ketika flywheel berputar, otomatis memutar kruk as dan membuat piston naik-turun menghidupkan mesin.