DETAIL NEWS

Tips Berkendara Aman Saat Macet

Date : 19 November 2018 , Post Via : Ric, Views : 110

Tips Berkendara Aman Saat Macet

Feders-Berkendara dengan motor di jalan raya, terlebih saat macet itu memang gak segampang kelihatannya. Buktinya, masih banyak kasus orang yang celaka atau cedera saat berkendara dengan motor di jalan raya yang padat merayap.

Jangan sembarangan berkendara saat macet, berikut tips berkendara aman saat macet.

1. Selalu Perhatikan kaca spion.
Usahakan selalu awas alias perhatikan sekeliling dengan mengawasi blind spot terutama di daerah belakangmu melalui kaca spion. 

Supaya saat mau mendahului atau bergerak mencari celah jalan gak bertabrakan dengan kendaraan di belakang.

Namun, kamu juga gak boleh terlalu fokus di kaca spion. Bagi perhatianmu dengan mengawasi blind spot atau jalanan di depanmu juga agar gak terjadi kecelakaan kalau tiba-tiba kendaraan seperti mobil di depan mengerem mendadak atau ada motor lain yang tiba-tiba muncul.

2.Selalu Siap Tangan dan kaki di tuas rem.
Yang satu ini tidak boleh dilupakan saat berkendara di jalanan padat alias macet. Pasalnya, saat macet kamu terkadang diwajibkan bereaksi dengan ekstra cepat baik saat menekan tuas rem atau bahkan pedal rem belakang. 

Untuk itu, siagakan selalu beberapa jari dan kakimu di tuas rem. Setidaknya taruh satu atau dua jari di tuas rem dan ibu jari sebelah kanan di pedal rem belakang. Jadi, saat ada pengendara lain yang bermanuver kamu pun sudah siap. 

3.Perhatikan pula masalah persneling saat berkendara di jalan yang macet.
Dalam kondisi macet, sebaiknya berkendaralah dengan gigi rendah agar motor kamu siap untuk berakselerasi jika diinginkan. 

Dengan melakukan langkah tersebut, kamu memiliki kesempatan untuk menggunakan rem cukup sering. 

Putaran mesin yang tinggi juga bisa menyatakan kehadiranmu. Namun jangan menggunakan suara knalpot untuk mengusir pengendara lain ya!