Oli motor terbaik dan spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

CVT Motor Matik Bunyi ? Ini Penyebabnya

Date : 22 November 2018 , Post Via : Ric, Views : 3385

CVT Motor Matik Bunyi ? Ini Penyebabnya

Feders-Pernah mendengar suara mendecit seperti suara tikus yang keluar dari area CVT motor matik? Biasanya suara ini timbul ketika motor digeber pada rpm tinggi. Lantas apa penyebabnya?

Penyebabnya dimulai dari gaya berkendara motor matik yang salah, yakni sering ngegas dan ngerem secara bersamaan. Efeknya, mangkuk kampas kopling jadi lebih cepat peang.

Selain dari cara berkendara, penyebab mangkuk kampas kopling ganda peang umumnya terjadi karena materialnya yang tipis. "Karena terlalu tipis, jadi pada lapisan luar mangkuk kampas kopling ganda yang peang terbentuk semacam rongga, sehingga menyebabkan sepatu kampas selip," kata Muhammad Ikim, dari bengkel spesialis, RI Matic Shop, Jakarta Timur.

Kasus ini, kata Ikim, sering terjadi di Yamaha Mio (generasi lama) dan Honda BeAT, yang memiliki profil mangkuk kampas kopling dengan pelat yang tipis.

Jika Otolovers termasuk salah satu pengguna matik yang mengalami kasus seperti itu, solusinya adalah dengan membongkar area CVT. Selanjutnya, gosok permukaan luar sepatu kampas dengan sikat kawat, agar daya cengkeramnya ke mangkuk menguat.

Cara lainnya, bisa dengan membersihkan mangkuk kampas kopling dari kotoran dan debu. "Namun jika memang benar mangkuknya yang peang, solusinya bisa dengan mengelem rongga-rongga yang ada di pinggir mangkuk kopling dengan lem besi," saran Ikim.

Meski bisa diakali untuk sementara waktu, cara terbaik dan paling aman mengatasi CVT berdecit tetap mengganti mangkuk kampas kopling dengan yang baru.



x