Beranda / Berita / Musim Hujan

Mau Terobos Genangan, Ini Batas Aman Genangan Untuk Motor

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Mau Terobos Genangan, Ini Batas Aman Genangan Untuk Motor

 

Federal Oil - Untuk pengendara motor saat hendak menerobos banjir, sebaiknya kamu harus tahu batas aman untuk sepeda motor kamu supaya tidak mogok dan mesin rusak.

Saat terjadi banjir, kendaraan roda dua memang paling riskan mengalami mogok karena posisi mesin yang rendah dan terbuka.

Penyebab mogok ini disebabkan karena air yang masuk ke dalam mesin dari knalpot atau intake. Kendaraan bermotor yang terendam banjir dipastikan akan bermasalah karena mesin motor tidak bisa dihidupkan.

Saat banjir dan genangan tinggi melanda ruas jalan di musim hujan, pengendara motor sebaiknya mencari patokan terlebih dahulu mengenai kedalaman air yang akan dilewati.

Paling mudah yaitu beton di tepi trotoar untuk patokan ketinggian genangan.

Trotoar biasanya memiliki ketinggian antara 30 sampai 40 cm dari permukaan jalan aspal.

Jika genangan air terlalu tinggi, sebaiknya tidak memaksa untuk menerobosnya, dan mencari jalan yang aman.

Hendra, salah satu mekanik bengkel Jaya Motor di Periuk Tangerang Kota mengatakan, demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara dikala hujan dan banjir, sebaiknya hindari genangan air yang terlalu tinggi.

"Kalau untuk motor matic batas amannya sampai dek dan di bawah ujung knalpot, jika ketinggian air lebih dari itu, sebaiknya jangan dipaksa," kata Hendra saat ditemui Minggu 12 November 2023.

Hendra menambahkan, jika berkendara di ketinggian air sampai batas dek, usahakan putaran gas tetap stabil.

Buat Feders yang melintas di jalan yang tergenang air, apabila airnya melebihi batas aman tersebut jangan coba-coba menerobos genangan air, lebih baik mencari jalur alternatif.

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine