DETAIL NEWS

Rapatkan Kabel dan Cop Busi, Hindarkan Busi Kemasukan Air

Date : 06 Desember 2012 , Post Via : admin, Views : 9917

Rapatkan Kabel dan Cop Busi, Hindarkan Busi Kemasukan Air

Foto : www.otomotifnet.com
 
Akan menjadi musibah bila air masuk ke sela-sela komponen kelistrikan motor, terutama busi. Ya walau enggak sampe kiamat seperti yang diramalkan suku Maya tahun 2012 ini, tapi cukup bikin hati mangkel bila motor ngadat di tengah jalan alias mogok.

Apalagi sekarang masuk musim hujan. Pasti intensitas motor terkena air bakal sering. Terutama air yang menggenang dan rembesan atau cipratan air hujan yang menuju ke busi.

“Memang yang lebih sering ngadat bila kena busi. Biasanya air masuk melalui sela-sela cop atau biasa disebut cangklongan busi,” kata Sarjono, mekanik Sweet Martabak Racing (SMR). Cegah air masuk ke komponen kelistrikan terutama kabel koil dan cop busi ada beberapa cara.

Pertama, sambungan antara kabel koil dan cop busi bisa ditutup sealer. Karet ini bisa menutupi sela, sehingga menghindari masuknya air menuju sambungan antara koil dan cop busi.

“Juga biasa ditemui cop busi yang enggak rapat, air hujan mudah masuk ke dalam busi,” kata Kancil, sapaan akrabnya. Agar celah yang terjadi semakin sempit, bisa aplikasi cop busi yang memiliki bibir karet rapat.

“Biasanya saya sarankan aplikasi cop busi kepunyaan Yamha Mio, karena bila digunakan hampir enggak ada celah. Jadi, lebih aman bila terkena rembesan air hujan. Harganya sekitar Rp 40 ribu,” saran mekanik yang punya markas di Jl. Joglo Raya, depan SMP-SMA Yadika 35, Ciledug Tangerang.

contoh bottom frame
x