DETAIL NEWS

Alasan Pabrik Federal Oil Pindah ke Cilegon

Date : 24 Agustus 2017 , Post Via : tigor, Views : 3129

Alasan Pabrik Federal Oil Pindah ke Cilegon

Feders, dengan berdirinya pabrik baru, PT Federal Karyatama (FKT) otomatis menutup pabrik lamanya di Pulogadung.

Rencananya pada akhir 2017 nanti semua produksi pelumas sudah 100 persen berjalan di Lube Oil Blending Plant (LOBP) yang berdiri di Kawasan Krakatau Industrial Estate Cilegon, Banten.

Lantas apa sebenarnya alasan FKT merelokasi pabrik ke Cilegon.

Menjawab hal ini President Director PT Federal Karyatama (FKT) Patrick Adhiatmadja, menjelaskan, kalau pemindahan dilakukan demi efisiensi.

"Kebutuhan memaksa kami untuk memulai di tempat yang baru. Di Pulogadung, kami punya dua lokasi pabrik yang kecil-kecil, secara logistik sudah tidak memungkinkan dan akses distribusinya juga sulit jadi tidak efisien," ucap Patrick saat seremoni persemian di Cilegon, Banten, Rabu (23/8/2017).

(BACA : Kapasitas Pabrik Oli Cilegon Capai 100 Juta Liter)

Selain itu, dengan pemindahan pabrik baru kapasitas produksi pelumas juga bisa ditingkatkan. Secara perbandingan, pabrik baru ini mampu mencapai produksi maksimal hingga 100 juta liter per tahun dalam duashift, sedangkan pabrik lama di Pulogadung hanya 50-60 juta liter.

Distribusi juga menjadi alasan kenapa LOBP baru ini di tempatkan di Cilegon.

Lokasi yang strategis dengan pelabihan Merak membuat akses penyaluran produk ke daerah-daerah lebih mudah dan cepat.

Peresmian pabrik Federal Oil di Cilegon oleh Edwin Soeryadjaya

Sedangkan untuk akses ke arah timur, meski dinilai menjadi lebih jauh tapi hal tersebut bukan menjadi kendala. Karena di Sidoarjo, FKT sudah memiliki pusat distribusi, dan akan dikembangkan pada tahun depan untuk Jawa Tengah dan Jawa barat.

(BACA JUGA : Federal Oil Goes to ASEAN, Capaian Produksi Meningkat Pesat)