alexa

DETAIL NEWS

Subsitusi Per Kopling, Bikin Mesin Lebih Responsif

Date : 02 Agustus 2017 , Post Via : tigor, Views : 1280

Foto : Fendimolizer

Feders, per kopling Yamaha Jupiter Z dan Suzuki memiliki lingkar ulir dan tinggi yang sama.

Pada motor Jupiter menggunakan 4 per sedangkan Satria memakai 5 per kopling.

Per kopling Suzuki Satria FU 150 memiliki kelebihan lebih cepat kembali keposisi merenggang, ini yang menyebabkan per tersebut membuat peregangan kopling menjadi responsif, akibatnya tenaga dari mesin cepat tersalur ke roda lebih cepat.

Jadi cukup beli 4 per saja jika akan diaplikasi pada Jupiter Z 110 cc atau Vega R yang juga bisa menggunakan per kopling Satria FU.

(BACA JUGA : Inikah Wujud Yamaha Fazer 250  Terbaru?)

Kris yang bukan mekanik tapi pramuniaga toko spare part dan bengkel Standard Motor di Kebagusan , Jakarta Selatan mengatakan, 

“Mekanik di sini hampir pasti mengganti per kopling Jupiter dan Vega pakai Satria FU, konsumen pun mintanya yang murah tapi dengan kualitas yang sama,” katanya sembari menyebut harga per kopling Jupiter Z yang Rp 14 ribu/buah dan Satria FU Rp 2.500/buah, kedua komponen tersebut asli alias genunine part dari pabrikan masing-masing.

Secara fisik terlihat ada sedikit perbedaan pada diameter batang ulirnya, punya Satria FU lebih tebal 0.5 mm batang ulirnya dari per Jupiter dan Vega yang 2 mm, asumsinya daya renggang per akan lebih kuat dibanding aslinya Jupiter Z dan Vega R.

“Per lebih cepat dan lebih kuat merenggangkan kampas kopling, tenaga mesin lebih cepat tersalur.