alexa

DETAIL NEWS

Ban Motor Benjol? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Date : 12 Juli 2017 , Post Via : tigor, Views : 740

 

Feders, ada banyak kasus pemilik motor mengeluh ban tubeless sepeda motornya benjol, padahal saat dibeli tidak ditemui ciri-ciri fisik ban bakal benjol.

Selain karena proses produksi yang mempengaruhi kualitas ban, tekanan angin juga dapat pula memberikan dampak ban benjol.

Menurut PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer dan suku cadang sepeda motor Honda di Jawa Barat, penyebab ban tubeless benjol kemungkinan disebabkan oleh bahan ban tubeless itu sendiri atau pada saat proses pembuatannya.

Selain itu apabila tekanan ban kurang atau lebih dari standar yang dianjurkan dan digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan ban berubah bentuk ata benjol.

Cara untuk mengatasi ban supaya tidak mudah benjol atau berubah bentuk adalah dengan memeriksa tekanan ban setiap semingggu sekali dengan standar ban depan 29 psi dan ban belakang 33 psi.

Saran lainnya, apabila sepeda motor parkir dengan durasi yang cukup lama, gunakan standar utama atau tengah sehingga ban belakang tidak mendapat tekanan yang cukup berarti.

Selain itu, kondisi jalan yang Feders lalui juga sangat mempengaruhi loh Feders, terutama jalan conblock yang tidak rata, biasanya akan akan lebih mudah merusak kondisi ban yang kurang angin. (Federaloil.co.id)