alexa

DETAIL NEWS

Rem Cakram Belakang Sering Berbunyi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Date : 06 Juli 2017 , Post Via : tigor, Views : 628
Foto : Liputan6

Feders, rata-rata motor saat ini sudah menggunakan rem cakram pada roda belakang.

Peranti ini membuat laju pengereman menjadi lebih responsif.

agar selalu bekerja maksimal, rem cakram juga harus sering diperhatikan.

Penyakit yang kadang dijumpai pada rem cakram belakang biasanya timbul suara berdecit seperti berbunyi "ngecit" ketika sedang bekerja.

Pardiono selaku Kepala Bengkel Astra Motor Jakarta menyebut, kerusakan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

"Bunyi itu bisa dilihat apakah disc atau kampasnya sudah tipis atau belum. Selain itu bisa juga karena permukaan brake pad sudah tidak rata atau kotoran apabila brake pad dan disc masih bagus," katanya.

Pardiono menjelaskan jika kampasnya bisa diratakan permukaannya. Ini hanya bisa dilakukan bagi pemilik motor yang mengerti cara membongkar sendiri bagian remnya.

"Brake pad yang sudah  kurang rata permukaannya bisa diratain pakai ampelas halus. Namun demikian, hal ini percuma dilakukan bila permukaan disc sudah tidak rata," sambungnya

Lebih lanjut, ia menjelaskan, kotoran yang menumpuk pada akhirnya bisa membuat master kaliper macet. Hal ini bisa menghambat kinerja pengereman.

"Biasanya kalau kotor itu remnya dibongkar dan dibersihkan. Caranya juga manual dicuci pakai air bersih. Bila pakai cleaneryang disemprot ditakutkan bikin licin dan belum direkomendasikan juga dari pihak Honda," tuntasnya.(federaloil.co.id)