DETAIL NEWS

Lewati Aspal Basah, Kurangi Tekanan Angin Ban

Date : 23 Mei 2017 , Post Via : adit, Views : 1012
(Foto : zetizen.com)

Dengan Intensitas hujan yang tinggi, jalanan menjadi basah bahkan dibeberapa tempat ada genangan air, waspada ketika berkendara saja tidak cukup, harus ditunjang dengan kondisi motor yang prima dan sesuai dengan keadaan saat ini.

Ban menjadi penghubung antara motor dan jalanan, ketika basah, kondisi tekanan angin ban harus diperhatikan agar tetap aman dan nyaman berkendara. Idealnya ketika melewati aspal basah, tekanan angin ban harus dikurangan 2-3 psi dari tekanan ketika berkendara di jalanan kering.

Mengapa demikian ? Karena, dengan mengurangi tekanan angin ban, bidang ban yang menapak lebih banyak dengan kata lain memberikan tambahan traksi yang berkurang ketika jalanan basah.

Semakin tinggi tekanan ban maka semakin sedikit kontak ban dengan aspal, pada jalanan mulus hal ini membuat pengendalian lebih ringan itu terjadi karena semakin sedikit bidang pada tapak ban yang melekat di aspal, kekurangannya tentu grip ban yang berkurang.

Sebaliknya, jika tekanan ban terlalu rendah maka pengendalian motor akan terasa lebih berat karena kontak yang diterima ban menjadi lebih banyak, pada jalanan yang basah, hal ini bisa menguntungkan karena ban mendapatkan lebih banyak traksi.  (federaloil.co.id)