alexa

DETAIL NEWS

Ini Arti SAE Pada Oli Motor, Rumit Namun Perlu Dipahami

Date : 20 Mei 2017 , Post Via : adit, Views : 2712

Istilah SAE (Society of Automative Engineers) mungkin sering terdengar di telinga Feders, namun tak sedikit yang paham detail arti SAE itu sendiri. Simpelnya, SAE adalah tingkat kekentalan motor, keterangan SAE terdapat di kemasan botol oli, seperti Federal Matic 40 yang memliki spesifikasi 10W-40.

Oli motor yang menggunakan kode SAE berarti telah diuji dan dievaluasi oleh Society of Automotive Engineers, organisasi yang berdiri sejak 1905.

Namun sesungguhnya makna SAE lebih dari itu, SAE menunjukan kemampuan oli menjaga stabilitas kekentalannya terhadap pengaruh suhu mesin dan lingkungan. Seperti pada Federal Matic 40, 10W-40 dapat diartikan pada saat suhu rendah sifat oli seperti SAE 20W dan di suhu tinggi seperti SAE 40.

Dengan spesifikasi Federal Matic 40 yang 10W-40, oli motor ini tidak membeku pada suhu sampai dengan suhu -20 c sampai dengan -25 C. Sementara pada suhu panas 100 derajat celcius, oli ini kekentalannya berkisar 12.5 cSt – 16.3 cSt, sebagai perbandingan keenceran seperti  air pada 20 derajat celcius setara ~  1 cSt.

Agak rumit memang mengartikan seara detail mengenai spesifikasi pelumas, karena tiap motor membutuhkan spesifikasi oli motor yang berbeda, namun pengguna Federal Oil tak perlu repot menghapalnya, karena di Special Oil Suggestion, kamu bisa tahu oli motor terbaik yang dibutuhkan motor kamu. (federaloil.co.id)