alexa

DETAIL NEWS

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Rem Depan Bunyi

Date : 20 Maret 2017 , Post Via : opix, Views : 1046

Feders pasti paling risih saat mendengar bunyi decitan pada rem depan. Jika mengalami hal ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya karena part tersebut kurang perawatan berkala.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komeng, Mekanik dari RPM Speed yang markasnya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Katanya faktor terbesarnya adalah kampas tersebut kotor, makanya saat menyentuh piringan cakram akan timbul bunyi berdecit.

"Hal tersebut memang umum terjadi, maklum saja karena part tersebut selalu dipakai dan sangat mudah kotoran masuk ke area tersebut jadi wajar kalau kotor, tapi jika sudah berdecit harap segera di bersihkan," ucapnya.

Ternyata ada hal lain lagi, yaitu kondisi kampas rem yang tipis, alhasil besi pada kampas rem menempel ke piringan cakram.

"Bunyi decitan bisa juga karena besi kampas rem menempel ke besi piringan cakram, bunyi tersebut dihasilkan akibat gesekan. Efek lainnya adalah piringan cakram akan kegerus habis," sambungnya.

Komeng pun menambahkan kalau hal tersebut sudah terjadi harus segera ditangani, jika piringan cakram tergerus dalam, maka harus ganti piringan, jika dipaksakan tentu akan berpengaruh ke kinerja peranti rem.

"Kalau memang kampas rem sudah tipis itu harus segera diganti, karena part tersebut sangat penting untuk menunjang keselamatan berkendara," pungkasnya.