alexa

DETAIL NEWS

Honda Dan Yamaha 'Kawin', Proyeksi Kuasai Pasar

Date : 08 Oktober 2016 , Post Via : adit, Views : 6250

Pabrikan Honda dan Yamaha di Jepang berencana menjalin kerjasama untuk memproduksi skuter. Hal ini terkait dengan pengembangan produksi skuter 50 cc Yamaha yang rencananya akan dipindahkan dari Taiwan ke pabrik Honda di Kumamoto, Jepang Selatan. Kabar yang disiarkan oleh Nikkei ini mengatakan kerjasama ini akan menguntungkan masing-masing pihak.

Salah satu akibatnya bisa jadi karena lesunya pasar skutik di Jepang yang sempat merosot beberapa tahun belakangan ini. Setidaknya Nikkei menulis, pasar kendaraan roda dua di Jepang telah berkurang sekitar 80 persen sejak tahun 1980-an. Hal ini dikarenakan perubahan demografi yang telah diambil oleh jalan tol.

Selain itu penjualan sepeda motor di Jepang turun hampir 10 persen pada tahun 2015 untuk 406.591 unit. Honda memimpin dengan pangsa pasar 43 persen, diikuti oleh Yamaha pada 27,2 persen dan Suzuki di 12,1 persen.

Rencananya kerjasama ini berjalan tahun 2018 nanti dengan produksi skuter 50cc dan skuter listrik. Dimulai dengan Honda yang memasok skuter Yamaha secara original equipment manufacturer. Hal ini dipercaya bisa memberikan dorongan terhadap pabrik Honda di Kumamoto dalam kegiatan produksi. Dari kerja sama ini diharapkan keduanya bisa memangkas biaya pengembangan demi memperoleh margin dalam harga di pasar domestik. (federaloil.co.id)